ANALISIS KARAKTERISTIK KECELAKAAN LALU LINTAS DAN GEOMETRIK JALAN PADA LOKASI RAWAN KECELAKAAN DI RUAS JALAN TOL SEMARANG-SOLO

PUTRI, ZANIA SEPTIANI (2025) ANALISIS KARAKTERISTIK KECELAKAAN LALU LINTAS DAN GEOMETRIK JALAN PADA LOKASI RAWAN KECELAKAAN DI RUAS JALAN TOL SEMARANG-SOLO. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
21013120-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf

Download (858kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
21013120-SKRIPSI-BAB_1.pdf

Download (153kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
21013120-SKRIPSI-BAB_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (596kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
21013120-SKRIPSI-BAB_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (507kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
21013120-SKRIPSI-BAB_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB V)
21013120-SKRIPSI-BAB_5.pdf

Download (227kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
21013120-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (741kB) | Request a copy

Abstract

Jalan Tol Semarang – Solo menempati urutan ke empat dari enam lintasan Tol Trans Jawa yang memasuki kawasan rawankecelakaan, lebih dari 60 kecelakaan pada Jalan Tol Semarang – Solo terjadi pada kondisi jalan dengan medan perbukitan.Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi lokasi rawan kecelakaan serta menganalisis karakteristik kecelakaan dan kesesuaian geometrik jalan pada ruas Jalan Tol Semarang–Solo. Penelitian ini menggunakan metode Equivalent Accident Number (EAN)terhadap nilai Upper Control Limit (UCL). Berdasarkan hasil analisis, ditemukan sebanyak 21 titik rawan kecelakaan pada Jalur A dan 22 titik pada Jalur B dari total 73 segmen jalan tol pada masing – masing jalur. Karakteristik kecelakaan pada lokasi rawan menunjukkan pola yang serupa dengan karakteristik kecelakaan pada keseluruhan ruas jalan tol, meliputi jenis kecelakaan didominasi oleh tabrak depan belakang, jenis kendaraan yang terlibat didominasi oleh minibus, posisi tabrakan didominasi oleh lajur kiri, kondisi cuaca didominasi oleh cuaca cerah, dan jenis hari kejadian mayoritas terjadi pada hari senin sampai dengan jumat. Faktor utama penyebab kecelakaan adalah pengemudi. Selain itu, evaluasi terhadap kondisi geometrik menunjukkan adanya ketidaksesuaian pada elemen alinemen vertikal, khususnya kelandaian dan panjang landai, yang belum sepenuhnya memenuhi standar keselamatan jalan. Rekomendasi penanganan dibagi menjadi jangka panjang dan jangka pendek. Pendekatan jangka panjang difokuskan pada penyesuaian konstruksi geometrik jalan, sedangkan pendekatan jangka pendek diarahkan pada penambahan perlengkapan jalan seperti marka peringatan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Lokasi Rawan Kecelakaan, Jalan Tol, Karakteristik Kecelakaan, Alinemen Jalan, Kelelahan Pengemudi
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan
Depositing User: 21013120 21013120
Date Deposited: 14 Jul 2025 01:25
Last Modified: 14 Jul 2025 01:25
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/3695

Actions (login required)

View Item View Item