STUDI PENGARUH VARIASI BEBAN TERHADAP TEMPERATURE CAKRAM DAN EFISIENSI PENGEREMAN ABS (ANTI-LOCK BRAKING SYSTEM) PADA MOTOR MATIC YAMAHA AEROX DENGAN METODE ROAD TEST

RANDY, MOCHAMMAD RAFLI SHOLEHUDIN (2025) STUDI PENGARUH VARIASI BEBAN TERHADAP TEMPERATURE CAKRAM DAN EFISIENSI PENGEREMAN ABS (ANTI-LOCK BRAKING SYSTEM) PADA MOTOR MATIC YAMAHA AEROX DENGAN METODE ROAD TEST. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
21021023_SKRIPSI-ABSTRAK.pdf

Download (864kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
21021023_SKRIPSI-BAB_1.pdf

Download (84kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
21021023_SKRIPSI-BAB_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
21021023_SKRIPSI-BAB_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
21021023_SKRIPSI-BAB_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (870kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB 5)
21021023_SKRIPSI-BAB_5.pdf

Download (146kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
21021023_SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (533kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh variasi beban terhadap efisiensi pengereman serta temperatur cakram pada motor matic Yamaha Aerox yang menggunakan sistem Anti-lock Braking System (ABS) dengan metode road test. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan variabel bebas berupa variasi beban (65 kg, 85 kg, 130 kg, dan 150 kg), serta dua kondisi ABS (aktif dan nonaktif). Variabel terikat yang diamati adalah jarak pengereman, perlambatan, efisiensi pengereman, dan temperatur cakram.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kecepatan rendah (40 km/jam), sistem ABS menyebabkan peningkatan jarak pengereman dibandingkan dengan ABS nonaktif. Namun, pada kecepatan tinggi (50 km/jam), peran ABS terbukti lebih efektif dalam mengoptimalkan pengereman dan mencegah penguncian roda, terutama pada beban yang lebih berat. Selain itu, variasi beban berpengaruh signifikan terhadap peningkatan temperatur cakram, di mana semakin berat beban, semakin tinggi suhu cakram setelah pengereman. Penelitian ini memberikan wawasan mengenai efektivitas sistem ABS dalam meningkatkan keselamatan berkendara serta menyoroti pentingnya regulasi terkait penerapan ABS pada sepeda motor di Indonesia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: rem, ABS, efisiensi pengereman, variasi beban
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Teknologi Rekayasa Otomotif > Teknologi Rekayasa Otomotif
Depositing User: 21021023 21021023
Date Deposited: 20 Jun 2025 02:33
Last Modified: 20 Jun 2025 02:33
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/3536

Actions (login required)

View Item View Item