LAPORAN MAGANG 2 EVALUASI KINERJA OPERASIONAL BUS TRANS JATIM KORIDOR V

FAJRI, NIKEN NUR (2025) LAPORAN MAGANG 2 EVALUASI KINERJA OPERASIONAL BUS TRANS JATIM KORIDOR V. Project Report. POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN, TEGAL. (Submitted)

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
21011052-Magang 2-ABSTRAK.pdf

Download (480kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
21011052-Magang 2-BAB 1.pdf

Download (255kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
21011052-Magang 2-BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (659kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
21011052-Magang 2-BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (395kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB 4)
21011052-Magang 2-BAB 4.pdf

Download (75kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
21011052-Magang 2-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Jawa Timur merupakan provinsi dengan penduduk terbanyak kedua di Indonesia, yang membutuhkan sistem transportasi umum yang efisien dan terjangkau. Salah satu solusi yang ditawarkan adalah layanan Bus Trans Jatim, khususnya Koridor V rute Surabaya-Bangkalan, yang baru beroperasi sejak September 2024. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja operasional Bus Trans Jatim Koridor V berdasarkan parameter seperti faktor muat (load factor), waktu tempuh, kecepatan perjalanan, waktu antara (headway), frekuensi, dan waktu tunggu penumpang, dengan mengacu pada Standar Pelayanan Minimum (SPM) Trans Jatim dan SK Dirjen Perhubungan Darat No. 687 Tahun 2002. Metode penelitian meliputi survei statis dan dinamis untuk mengumpulkan data primer, seperti jumlah penumpang, waktu tempuh, dan frekuensi, serta data sekunder dari operator layanan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata load factor sebesar 67% (belum memenuhi standar 70%), waktu tempuh 105 menit (sesuai standar ≤120 menit), kecepatan perjalanan 35,4 km/jam (sesuai standar ≥30 km/jam tetapi di bawah SPM 40-80 km/jam), headway 18-19 menit (sesuai standar 10-20 menit tetapi tidak sesuai SPM 10-15 menit), frekuensi 3 kendaraan/jam (belum memenuhi standar 4-6 kendaraan/jam), dan waktu tunggu 10 menit (sesuai standar 5-10 menit). Kinerja operasional Bus Trans Jatim Koridor V telah memenuhi sebagian standar, tetapi masih terdapat kekurangan dalam hal load factor, frekuensi, dan kecepatan perjalanan. Untuk meningkatkan layanan, disarankan untuk menyesuaikan frekuensi operasional, memperbaiki headway, serta menyediakan informasi jadwal (timetable) di halte. Penelitian ini dapat menjadi acuan bagi pengambil kebijakan dalam mengoptimalkan layanan Bus Trans Jatim di masa mendatang.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: evaluasi kinerja operasional, bus Trans Jatim, load factor, headway
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan
Depositing User: 21011052 21011052
Date Deposited: 24 Apr 2025 10:57
Last Modified: 24 Apr 2025 10:57
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/3332

Actions (login required)

View Item View Item