KERTAS KERJA WAJIB ANALISIS FAKTOR KUALITAS BAN VULKANISIR TERHADAP RISIKO KECELAKAAN DI JALAN

ROHMAN, FATKHU (2022) KERTAS KERJA WAJIB ANALISIS FAKTOR KUALITAS BAN VULKANISIR TERHADAP RISIKO KECELAKAAN DI JALAN. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
19.03.0554-KKW-ABSTRAK.pdf

Download (233kB)
[img] Text (BAB 1)
19.03.0554-KKW-BAB 1.pdf

Download (66kB)
[img] Text (BAB 2)
19.03.0554-KKW-BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (443kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
19.03.0554-KKW-BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (611kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
19.03.0554-KKW-BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (543kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
19.03.0554-KKW-BAB 5.pdf

Download (62kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
19.03.0554-KKW-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (560kB) | Request a copy

Abstract

Salah satu penyebab terjadinya sebuah kecelakaan pada kendaraan dipengaruhi oleh kualitas ban yang digunakan. Penggunaan ban vulkanisir sebagai ban daur ulang dapat dijadikan pilihan alternatif dengan biaya yang lebih murah dibandingkan dengan ban original. Namun dalam penggunaannya harus ada ketetapan yang mengatur ban vulkanisir untuk menghindari kecelakaan yang telah banyak terjadi akibat ban vulkanisir. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui effisiensi pengereman, kualitas ban vulkanisir dan analisis kecelakaan akibat ban vulkanisir. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini dengan melakukan pengujian Brake tester terhadap ban vulkanisir yang dipengaruhi oleh kedalaman alur ban, kondisi ban dan tekanan angin ban, serta melakukan analisis kecelakaan yang diakibatkan oleh ban vulkanisir. Hasil effisiensi pengereman yang dilakukan pada ban vulkanisir sebesar 54,6% tidak berbeda jauh dengan ban original yang sebesar 58,9%, hanya berbeda 4,3%. Hal ini menimbulkan sisi positif dalam penggunaan ban vulkanisir yang dapat mendekati kualitas ban original bias. Analisis yang telah dilakukan dengan metode FMEA (Failure Mode Effect Analysis) menyimpulkan ban vulkanisir aman digunakan sebelum berkendara dengan syarat selalu mengecek kondisi tekanan angin ban, mengetahui kondisi ban yang digunakan, selalu melakukan pergantian ban vulkanisir apabila sudah tidak layak digunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Ban Vulkanisir, Brake tester, Effisiensi pengereman
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Teknologi Otomotif > Teknologi Otomotif
Depositing User: 19.03.0554 19.03.0554
Date Deposited: 15 Aug 2022 02:26
Last Modified: 15 Aug 2022 02:26
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/327

Actions (login required)

View Item View Item