PRASETYO, TITIS GALUH NUR (2024) PENGARUH BEBAN, TATA CARA PEMUATAN DAN KECEPATAN TERHADAP KINERJA PENGEREMAN. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.
Text (ABSTRAK)
21031058-KKW-ABSTRAK.pdf Download (480kB) |
|
Text (BAB 1)
21031058-KKW-BAB_1.pdf Download (131kB) |
|
Text (BAB 2)
21031058-KKW-BAB_2.pdf Restricted to Registered users only Download (837kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
21031058-KKW-BAB_3.pdf Restricted to Registered users only Download (515kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
21031058-KKW-BAB_4.pdf Restricted to Registered users only Download (560kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
21031058-KKW-BAB_5.pdf Download (126kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
21031058-KKW-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Jumlah kendaraan bermotor di Indonesia setiap tahun mengalami peningkatan yang berarti resiko terjadinya kecelakaan lalu lintas juga meningkat. Faktor penyebab kecelakaan yaitu manusia, kendaraan, prasarana dan lingkungan. Salah satu cara untuk mengurangi resiko terjadinya kecelakaan lalu lintas akibat faktor kendaraan yaitu dilaksanakan kegiatan pengujian kendaraan bermotor, khususnya pada sistem dan komponen rem. Sistem dan komponen rem pada saat ini mengalami perkembangan seperti sistem LSPV, sehingga peneliti melakukan percobaan pada kendaraan LSPV dan membandingkan dengan kendaraan non-LSPV. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen menggunakan metode Road Test dengan variasi beban muatan yaitu tanpa beban muatan, muatan sesuai JBI dan muatan diatas JBI dengan tata cara pemuatan beban muatan menumpuk depan, merata dan menumpuk belakang dan kecepatan yang digunakan diantaranya 40 km/jam, 50 km/jam, 60 km/jam untuk mengetahui jarak pengereman yang diubah kedalam bentuk efisiensi pengereman. Analisis data menggunakan analisis deskriptif yang disajikan dalam bentuk tabel dan grafik. Berdasarkan hasil penelitian pada saat kendaraan melaju dengann kecepatan 40 km/jam membawa beban sesuai JBI dengan tata cara pemuatan merata untuk kendaraan LSPV mendapatkan hasil efisiensi rem sebesar 77,7% dan kendaraan non-LSPV mendapatkan hasil efisiensi rem sebesar 59,6%. Hal ini terjadi karena kendaraan sistem LSPV akan meningkatkan daya rem pada roda belakang saat muatan bebannya bertambah dan kendaraan non-LSPV seiring bertambahnya beban muatan maka efisiensi remnya semakin berkurang. Ketika beban muatan menumpuk depan ataupun belakang, efisiensi rem menjadi kurang maksimal karena sebagian besar beban muatan menumpuk di salah satu sumbunya. Tata cara pemuatan yang benar ketika beban merata karena beban muatan terdistribusi secara merata disetiap sumbu kendaraan dan kecepatan juga mempengaruhi efisiensi pengereman karena semakin bertambah kecepatan semakin bertambah efisiensi remnya. Dihimbau bagi pengendara untuk selalu membawa beban muatan sesuai spesifikasinya dengan tata cara pemuatan yang benar dan tetap memperhatikan kecepatan saat berkendara.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Beban Muatan, Tata Cara Pemuatan, Kecepatan, Perlambatan, Efisiensi Rem, LSPV |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics |
Divisions: | Teknologi Otomotif > Teknologi Otomotif |
Depositing User: | 21031058 21031058 |
Date Deposited: | 30 Jul 2024 01:53 |
Last Modified: | 30 Jul 2024 01:53 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/2922 |
Actions (login required)
View Item |