ANALISA AERODINAMIS TRUK BOX DENGAN VARIASI DEFLEKTOR MELALUI METODE COMPUTATIONAL FLUID DYNAMIC MENGGUNAKAN APLIKASI SOLIDWORKS SIMULATION

PRAYETNO, BAGUS NYOTO (2024) ANALISA AERODINAMIS TRUK BOX DENGAN VARIASI DEFLEKTOR MELALUI METODE COMPUTATIONAL FLUID DYNAMIC MENGGUNAKAN APLIKASI SOLIDWORKS SIMULATION. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
21031039-KKW_ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB 1)
21031039_KKW_BAB_I.pdf

Download (452kB)
[img] Text (BAB 2)
21031039_KKW_BAB_II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (836kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
21031039_KKW_BAB_III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
21031039_KKW_BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
21031039_KKW_BAB V.pdf

Download (354kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
21031039_KKW_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (900kB) | Request a copy

Abstract

Pada dunia otomotif, karakteristik aerodinamis kendaraan berhubungan dengan kecepatan dimana semakin aerodinamis suatu kendaraan maka gerak kendaraan tersebut semakin baik. Deflektor berfungsi untuk membantu mengurangi gaya drag gerak dari depan saat truk melaju pada kecepatan tinggi. Dilakukan penelitian ini dengan tujuan mengetahui manfaat penggunaan pengarah angin yang tepat agar dapat menurunkan nilai koefisien drag. Didalam penelitian yang dilakukan, metode yang digunakan yakni metode simulasi dengan menggunakan simulasi Computational Fluid Dynamic di dalam software Solidword Flow Simulation yang dilakukan menggunakan laptop dengan minimun ram sebesar 12 gb. Hasil simulasi yang telah dilakukan terhadap aerodinamika Deflektor pada Truk box dengan variasi kecepatan masing-masing dengan kecepetan 50 km/jam, 80 km/jam dan 100 km/jam, simulasi Computational fluid dynamic yang dilakukan pada aplikasi solidwork flow simulation ini menggunakan design geometry 3d truk box dengan skala 1:1 dan menggunakan variasi tinggi deflektor sebagaimana tinggi deflektor tersebut lebih tinggi dari tinggi box, setara dengan box, dan lebih rendah dari tinggi box. Terjadi penurunan gaya hambat sebersar 10% antara truk tanpa deflector dengan truk berdeflektor. Truk dengan pengarah angin setara dengan tinggi box memiliki nilai gaya drag paling kecil dengan hasil 1063.117 N dan Coefficent drag sebesar 1,8707 di kecepatan tertinggi 100 km/jam. Menunjukkan Drag force dan koefisien drag yang paling rendah pada semua kecepatan. Bahwa menyamakan pengarah angin dengan tinggi box adalah solusi aerodinamis yang paling efisien. Pola aliran udara yang dihasilkan dari simulasi yang telah dilakukan memperlihatkan bahwa untuk truk box berdeflektor setara dengan tinggi box memiliki nilai daerah turbulensi yang kecil dibandingkan dengan jenis deflektor lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Coeficient of Drag, Deflektor, CFD, solidwork, Pressure Contour,Truk Box
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Teknologi Otomotif > Teknologi Otomotif
Depositing User: 21031039 21031039
Date Deposited: 05 Aug 2024 01:11
Last Modified: 05 Aug 2024 01:11
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/2895

Actions (login required)

View Item View Item