ANDJANI, LELLY NUR (2024) PENGARUH PENYETELAN TOE ANGLE DAN TEKANAN BAN TERHADAP HASIL UJI SIDE SLIP TESTER. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.
Text (ABSTRAK)
21031016-KKW-ABSTRAK.pdf Download (596kB) |
|
Text (BAB 1)
21031016-KKW-BAB 1.pdf Download (162kB) |
|
Text (BAB 2)
21031016-KKW-BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (262kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
21031016-KKW-BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (687kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
21031016-KKW-BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (819kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
21031016-KKW-BAB 5.pdf Download (151kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
21031016-KKW-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penyetelan toe angle dan tekanan ban pada kendaraan menjadi salah satu aspek penting karena pengendalian sistem kemudi pada kendaraan terletak pada roda depan. Sehingga penyetelan toe angle dan tekanan ban berpengaruh pada kestabilan kendaraan dan membahayakan keselamatan berkendara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penyetelan tekanan ban standar dengan variasi toe angle dan pengaruh penyetelan toe angle standar dengan variasi tekanan ban terhadap hasil uji side slip tester. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu eksperimen, dimana dilakukan dengan memvariasikan tekanan ban dan toe angle. Tekanan ban di bawah standar 30 psi, tekanan ban standar 50 psi dan tekanan ban diatas standar 70 psi. Sedangkan toe angle di bawah standar 〖-0〗^° 35^'', standar 0^° 03^'', dan di atas standar 〖+0〗^° 35^''. Dan menurut PP No. 55 Pasal 68 Tentang kendaraan menyatakan bahwa ambang batas pengujiannya sebesar ± 5 mm/m. Pengolahan data pada penelitian ini yaitu deskriptif kuantitaf. Dari penelitian yang telah dilakukan pada tekanan ban standar dengan variasi toe angle di bawah standar mendapatkan hasil toe out yang berlebih dan di atas standar mendapatkan hasil toe in yang berlebih. Untuk toe angle standar dengan variasi tekanan ban di bawah standar mendapatkan toe in yang berlebih dan di atas standar mendapatkan hasil toe in yang berlebih. Hasil pengujian di atas melebihi ambang batas dan berpengaruh pada pengujian side slip tester. Sedangakan tekanan ban standar dengan variasi toe angle standar mendapatkan hasil toe in yang sesuai standar dan toe angle standar dengan variasi tekanan ban standar mendapatkan hasil toe out yang sesuai standar, kedua hasil tersebut memenuhi ambang batas, sehingga tidak berpengaruh pada pengujian side slip tester. Penyetelan yang tidak standar berakibat pada roda kemudi yang menjadi berat dan keausan ban yang berlebih serta ketidakstabilan kendaraan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | side slip tester, toe angle, tekanan ban, keausan ban, kestabilan kendaraan |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Teknologi Otomotif > Teknologi Otomotif |
Depositing User: | 21031016 21031016 |
Date Deposited: | 26 Jul 2024 06:25 |
Last Modified: | 26 Jul 2024 06:25 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/2879 |
Actions (login required)
View Item |