ANALISIS KINERJA PUTARAN BALIK (U-TURN) DI JALAN SULTAN ALAUDDIN KOTA MAKASSAR

BINTARI, AKMAL (2024) ANALISIS KINERJA PUTARAN BALIK (U-TURN) DI JALAN SULTAN ALAUDDIN KOTA MAKASSAR. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
20011004-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf

Download (454kB)
[img] Text (BAB 1)
20011004-SKRIPSI-BAB_1.pdf

Download (84kB)
[img] Text (BAB 2)
20011004-SKRIPSI-BAB_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (386kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
20011004-SKRIPSI-BAB_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (777kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
20011004-SKRIPSI-BAB_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
20011004-SKRIPSI-BAB_5.pdf

Download (82kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
20011004-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Jalan Sultan Alauddin yang menjadi lokasi penelitian ini adalah jalan nasional tipe 4/2 T, menghubungkan Kabupaten Takalar dan Kabupaten Gowa dengan Kota Makassar. Jalan ini berada di kawasan padat penduduk dan komersial. Aktivitas tinggi di sekitar jalan membuat banyak kendaraan memanfaatkan fasilitas U-Turn untuk memudahkan akses ke tempat tujuan. Namun, aktivitas putar balik ini menyebabkan kemacetan karena volume kendaraan yang tinggi dan kapasitas jalan yang terbatas, sehingga pengendara sering menggunakan bahu jalan, menyebabkan antrian panjang dan peningkatan waktu tempuh. Kondisi ini berdampak negatif bagi pengendara, seperti meningkatkan stres, menurunkan konsentrasi, dan menyebabkan kelelahan akibat kemacetan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja ruas jalan, menganalisis kinerja fasilitas putaran balik, dan memberikan rekomendasi rekayasa lalu lintas guna meningkatkan kinerja lalu lintas di Jalan Sultan Alauddin, Kota Makassar. Penelitian ini menganalisis kinerja jalan menggunakan PKJI 2023, serta mengevaluasi kinerja fasilitas U-Turn dengan menggunakan Teori Antrian Jay and Barry. Selanjutnya, pemodelan dilakukan menggunakan software Vissim yang terkalibrasi dengan Scalable Quality Value (SQV) dan Mean Absolute Percentage Error (MAPE) untuk mengidentifikasi alternatif rekayasa lalu lintas yang paling efektif. Data dikumpulkan melalui survei lapangan, pengumpulan data dari instansi terkait, dan kajian jurnal penelitian sebelumnya. Peningkatan kinerja ditentukan dengan membandingkan waktu tempuh sebelum dan sesudah penerapan alternatif yang diusulkan. Penelitian ini mengidentifikasi berbagai alternatif untuk meningkatkan kinerja Jalan Sultan Alauddin di Kota Makassar. Tiga alternatif diuji dan disimulasikan menggunakan perangkat lunak Vissim. Alternatif pertama melibatkan perluasan lebar jalan di kedua arah Jalan Sultan Alauddin. Alternatif kedua mengusulkan penutupan sebagian atau seluruh U-Turn. Alternatif ketiga mengombinasikan perluasan lebar jalan dengan penutupan U-Turn. Setiap alternatif tersebut berpotensi meningkatkan kinerja jalan, namun masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu dipertimbangkan dalam proses peningkatan kinerja jalan tersebut. Kata Kunci : U-Turn, PKJI 2023, Vissim, Scalable Quality Value, Kinerja Ruas Jalan

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: U-Turn, PKJI 2023, Vissim, Scalable Quality Value, Kinerja Ruas Jalan
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
T Technology > TH Building construction
Divisions: Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan
Depositing User: AKMAL BINTARI
Date Deposited: 19 Jul 2024 03:29
Last Modified: 19 Jul 2024 03:29
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/2819

Actions (login required)

View Item View Item