MAULANA, SHAFA NADHIFAH (2024) OPTIMALISASI TATA LETAK STALL BENGKEL PERAWATAN BUS PADA PO HARYANTO BOYOLALI. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.
Text (ABSTRAK)
20022085-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf Download (888kB) |
|
Text (BAB 1)
20022085-SKRIPSI-BAB_1.pdf Download (127kB) |
|
Text (BAB 2)
20022085-SKRIPSI-BAB_2.pdf Restricted to Registered users only Download (389kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
20022085-SKRIPSI-BAB_3.pdf Restricted to Registered users only Download (414kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
20022085-SKRIPSI-BAB_4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
20022085-SKRIPSI-BAB_5.pdf Download (182kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
20022085-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Sesuai dengan Keputusan Menteri Perindustrian dan Perdagangan Nomor 551/MM/Kep/1/1999 tentang Bengkel Kendaraan Umum Kendaraan Bermotor bahwa fasilitas dan Peralatan adalah fasilitas dan peralatan atau perkakas yang dibutuhkan dalam proses perawatan dan perbaikan kendaraan bermotor. Bengkel kendaraan bermotor roda 4 atau lebih sekurang-kurangnya harus memiliki stall diagnosa, Stall perbaikan dan perawatan, Stall pencucian kendaran, Stall pelumasan, Jalur keluar-masuk kendaraan pada area stall, dan Ruang perbaikan motor penggerak. Dalam kegiatan bengkel harus memiliki alur dan komposisi tempat yang sesuai dengan tugas dan fungsinya agar kegiatan pemeliharaan atau perbaikan berjalan dengan efektif dan aman. Penempatan tempat yang tidak sesuai dapat mempengaruhi efektifitas selama kegiatan berlangsung. Dalam mengoptimalisasikan tata letak stall pada bengkel dengan menggunakan metode Systematic Layout Planning dengan menganalisa Activity Relation Chart (ARC) dan dilanjutkan dengan Form To Chart (FTC). Systematic Layout Planning merupakan metode pendekatan perencanaan tata letak yang metodis dan terorganisir. Systematic layout planning ini dibuat untuk mecahkan masalah terkait dengan berbagai jenis masalah termasuk manufaktur, transportasi, dan aktivitas kantor lainnya. dari hasil analisis penelitian ini, waktu perpindahan bus dalam kondisi usulan meningkat secara signifikan dibandingkan kondisi saat ini. Akan tetapi, penelitian ini juga mengevaluasi pemanfaatan area kerja dan efisiensi proses pekerjaan di setiap stall. Meskipun efisiensi waktu perpindahan belum tercapai, pemanfaatan area kerja dan efisiensi proses lebih baik dibandingkan kondisi sebelumnya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | tata letak, stall, Systematic Layout Planning |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) |
Divisions: | Teknologi Rekayasa Otomotif > Teknologi Rekayasa Otomotif |
Depositing User: | 20022085 20022085 |
Date Deposited: | 16 Jul 2024 03:24 |
Last Modified: | 16 Jul 2024 03:24 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/2777 |
Actions (login required)
View Item |