HAFIZ, ABWABAR RIZKI AKBAR (2024) ANALISIS PEMBUATAN KAMPAS REM CAKRAM SEPEDA MOTOR DENGAN SERBUK KAYU JATI DAN ARANG SONOKELING (STUDI KASUS). Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.
Text (ABSTRAK)
20021031-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf Download (920kB) |
|
Text (BAB 1)
20021031-SKRIPSI-BAB_1 .pdf Download (102kB) |
|
Text (BAB 2)
20021031-SKRIPSI-BAB_2.pdf Restricted to Registered users only Download (644kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
20021031-SKRIPSI-BAB_3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
20021031-SKRIPSI-BAB_4.pdf Restricted to Registered users only Download (641kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
20021031-SKRIPSI-BAB_5.pdf Download (129kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
20021031-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Kecelakaan tunggal akibat rem blong terjadi pada 14 November 2022 di turunan jalan Sepakung, Dusun Terowangi, Desa Tegaron, Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang, mengakibatkan satu korban meninggal. Insiden ini menekankan pentingnya peningkatan sistem pengereman kendaraan untuk meningkatkan keselamatan. Salah satu komponen penting dalam sistem pengereman adalah kampas rem. Kampas rem konvensional berbahan asbes meskipun awet, partikel serbuknya berbahaya bagi kesehatan. Oleh karena itu, penelitian ini mengusulkan penggunaan kampas rem non-asbestos yang memanfaatkan bahan alami seperti serbuk kayu jati dan kayu sonokeling. Kayu jati memiliki sifat kasar yang meningkatkan koefisien gesek, sedangkan kayu sonokeling tahan terhadap suhu tinggi, goresan, dan keausan. Pemanfaatan limbah dari kedua jenis kayu ini dapat menghasilkan kampas rem yang ramah lingkungan, aman bagi kesehatan, dan ekonomis. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sistem pengereman kendaraan bermotor dengan mengembangkan kampas rem berbahan dasar non-asbestos yang ramah lingkungan dan aman bagi kesehatan manusia. Proses pembuatan kampas rem melibatkan pencampuran bahan, pengepressan dengan suhu 180°C, penghalusan, pemotongan, dan pembentukan sesuai dengan standar kampas rem Vario 110 CC. Pengujian terhadap kekerasan, keausan, ketahanan panas, koefisien gesek, massa jenis, dan jarak pengereman dilakukan untuk mengevaluasi performa kampas rem. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hanya sampel 3 yang memenuhi sebagian besar standar SAE J661 dengan nilai kekerasan 7,6 BH, keausan 6,5 x 10-4 mm²/kg, massa jenis 1,768 gr/cm³, dan perlambatan 15,32 m/s². Meskipun kampas rem mengalami perubahan warna saat uji ketahanan panas, tetapi tidak terjadi kerusakan struktural, dengan komposisi serbuk kayu jati 30,43%, arang sonokeling 8,7%, resin epoxy 26,09%, serbuk aluminium 13,04%, serbuk barium sulfat 8,7%, dan serbuk kalsium karbonat 13,04%.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | komposit, serbuk kayu jati, arang sonokeling, kampas rem , non-asbestos, variasi campuran |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering |
Divisions: | Teknologi Rekayasa Otomotif > Teknologi Rekayasa Otomotif |
Depositing User: | 20021031 20021031 |
Date Deposited: | 09 Jul 2024 06:17 |
Last Modified: | 09 Jul 2024 06:17 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/2687 |
Actions (login required)
View Item |