RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENDETEKSI KEBAKARAN PADA KENDARAAN DENGAN GPS TRACKER BERBASIS ARDUINO

AZHAR, MUHAMMAD DANLY (2021) RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENDETEKSI KEBAKARAN PADA KENDARAAN DENGAN GPS TRACKER BERBASIS ARDUINO. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
17020213_SKRIPSI_ABSTRAK.pdf

Download (321kB)
[img] Text (BAB 1)
17020213_SKRIPSI_BAB 1.pdf

Download (135kB)
[img] Text (BAB 2)
17020213_SKRIPSI_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB)
[img] Text (BAB 3)
17020213_SKRIPSI_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (349kB)
[img] Text (BAB 4)
17020213_SKRIPSI_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB 5)
17020213_SKRIPSI_BAB 5.pdf

Download (131kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
17020213_SKRIPSI_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (494kB)

Abstract

Kebakaran merupakan salah satu bencana yang kerap terjadi di Indonesia. kebakaran dapat terjadi dimanapun, kapanpun dan menghanguskan apapun. Kebakaran kendaraan adalah salah satu contoh kasus yang paling sering terjadi Faktor terjadinya kebakaran kendaraan sangat banyak, mulai dari faktor manusia, faktor teknis dan faktor eksternal antara lain cuaca kemarau ekstrem dan naiknya tempratur dalam mesin kendaraan, konsleting pada kelistrikan kendaraan dan factor lain seperti kecelakaan dan tertabrak. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Penelitian Research and Development pada penelitian ini merupakan untuk metode menghasilkan dan menyempurnakan produk yang pernah di teliti sebelumnya yang hanya memakai dua sensor yaitu sensor api dan sensor asap dan hanya memberikan informasi berupa SMS dan emergency call. Pengujian responsivitas flame sensor dan MQ-02 dilakukan untuk mengetahui kinerja sensor, dilakukan 10 kali percobaan dengan titik yang berbeda dengan jarak ± 20.5 cm, semakin besar api, gas dan asap yang diuji maka tingkat ke sensitifitasan akan semakin meningkat. Responsivitas sensor untuk melakukan pendeteksian api, gas dan asap dengan jarak maksimal terhadap sumber dalam penelitian ini yaitu 20.5 cm membutuhkan waktu 3,12 detik pada flame sensor dan 10,98 detik pada MQ-2 ini menunjukkan penempatan sensor pada jarak 20,5 cm terhadap sumber masih aman. Tergantung dari api, gas dan asap yang ditimbulkan semakin banyak dan tebal api dan asap yang dihasilkan objek yang diuji maka jangkauan sensor akan semakin jauh. Berarti prototype berjalan sesuai program yang telah di rancang. Pengiriman SMS dan titik kordinat kendaraan membutuhkan waktu 11,20 detik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kebakaran, konsleting kelistrikan pada kendaraan, sensor api dan asap, emergency call.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Teknologi Rekayasa Otomotif > Teknologi Rekayasa Otomotif
Depositing User: Admin TRO
Date Deposited: 14 Dec 2023 04:47
Last Modified: 14 Dec 2023 04:47
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/2305

Actions (login required)

View Item View Item