PERENCANAAN PERAWATAN BUS DENGAN METODE RELIABILITY CENTERED MAINTENANCE (RCM)

WIJAYA, DEVI INDRI (2021) PERENCANAAN PERAWATAN BUS DENGAN METODE RELIABILITY CENTERED MAINTENANCE (RCM). Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
17020169_SKRIPSI_ABSTRAK.pdf

Download (525kB)
[img] Text (BAB 1)
17020169_SKRIPSI_BAB 1.pdf

Download (171kB)
[img] Text (BAB 2)
17020169_SKRIPSI_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB)
[img] Text (BAB 3)
17020169_SKRIPSI_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB)
[img] Text (BAB 4)
17020169_SKRIPSI_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (659kB)
[img] Text (BAB 5)
17020169_SKRIPSI_BAB 5.pdf

Download (251kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
17020169_SKRIPSI_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (913kB)

Abstract

Perawatan bus menjadi salah satu faktor pendukung pelaksanaan operasional suatu bus. Bus harus dalam kondisi siap pakai sebelum busberoprasi, karena itu perlu adanya perencanaan perawatan bus yangterselenggara dengan baik agar keamanan dan kenyamanan bus saatberoprasional dapat terjamin. Perencanaan perawatan bus dengan metode reliability centered maintenance (RCM) di PT Anindya Mitra Internasional (AMI) Transjogja untukmenurunkan tingkat downtime kerusakan komponen bus. Data kerusakankomponen bus dianalisa. Kemudian kegagalan dari suatu komponen yang dapatmenyebabkan kegagalan fungsi dari sistem diidentifikasi menggunakan metode Failure Mode and Effect Analysis (FMEA). Untuk mengetahui bagian dari sistemyang gagal sehingga perlu dilakukan tindakan perbaikan dan pencegahanberdasarkan kegagalan yang ada agar kejadian yang sama tidak terulang danmenentukan kegiatan perancangan perawatan yang tepat pada setiapkomponen. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancaraobservasi, dan dokumentasi. Dari penelitian yang dilakukan didapatkan hasil bahwa pelaksanaan pemeliharaan dan perawatan bus di PT Anindya Mitra Internasional (AMI)Transjogja terdapat interval kerusakan sistem bus yaitu sistem kemudi denganinterval kerusakan waktu sebesar 41,68%. Perlu adanya pemeliharaan danperawatan bus dengan kebijakan corrective maintenance (CM), pemilihandilakukan karena kegagalan fungsi komponen dari sistem kemudi yaitu steering gear termasuk pada outage problem berdasarkan nilai RPN tertinggi dari setiapkomponen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Perawatan, RCM, FMEA, resiko, strategi pemeliharaan
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Teknologi Rekayasa Otomotif > Teknologi Rekayasa Otomotif
Depositing User: Admin TRO
Date Deposited: 14 Dec 2023 01:02
Last Modified: 14 Dec 2023 01:02
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/2280

Actions (login required)

View Item View Item