PERBANDINGAN SUHU DAN JENIS BAHAN BAKAR TERHADAP UJI EMISI GAS BUANG PADA ENGINE STAND DIESEL KONVENSIONAL

AMALIA, SABRINA NUR (2020) PERBANDINGAN SUHU DAN JENIS BAHAN BAKAR TERHADAP UJI EMISI GAS BUANG PADA ENGINE STAND DIESEL KONVENSIONAL. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
16020155_SKRIPSI_ABSTRAK.pdf

Download (579kB)
[img] Text (BAB 1)
16020155_SKRIPSI_BAB 1.pdf

Download (275kB)
[img] Text (BAB 2)
16020155_SKRIPSI_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (738kB)
[img] Text (BAB 3)
16020155_SKRIPSI_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB 4)
16020155_SKRIPSI_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (450kB)
[img] Text (BAB 5)
16020155_SKRIPSI_BAB 5.pdf

Download (282kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
16020155_SKRIPSI_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (686kB)

Abstract

Kendaraan bermotor memiliki peranan yang penting dalam kehidupan manusia sebagai sarana angkut yang digunakan untuk memudahkan pekerjaannya. Selain memberikan dampak positif, peningkatan jumlah kendaraan juga bisa memberikan dampak negatif, diantaranya kemacetan lalu lintas, masalah keamanan sesama pengguna jalan dan menyebabkan meningkatnya konsumsi bahan bakar dan polusi yang dihasilkan. Selain itu, emisi gas buang sebagai akibat dari adanya proses pembakaran yang dapat mencemari lingkungan sekitarnya. Pada manusia, kerusakan ataupun gangguan yang ditimbulkan dari pencemaran udara oleh kendaraan bermotor dapat berupa gangguan kesehatan. Untuk meminimalisir polusi atau emisi kendaraan bermotor, maka kendaraan bermotor diwajibkan melakukan pengujian emisi gas buang secara berkala. Selain melakukan pengujian emisi gas buang penggunaan bahan bakar juga mempengaruhi hasil uji emisi gas buang kendaraan bermotor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh jenis bahan bakar terhadap kadar uji emisi gas buang (ketebalan asap/opasitas) dengan bahan bakar B30 dan Dexlite. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen atau percobaan dengan melakukan pengujian kadar opasitas dengan suhu mesin yang berbeda pada engine stand yang sama. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan metode analisis regresi linier sederhana pada software SPSS. Berdasarkan penelitian ini diketahui bahwa besarnya pengaruh B30 terhadap emisi gas buang 93,4%, sedangkan besarnya pengaruh Dexlite 91,3%. Dari data hasil uji emisi gas buang tersebut diperoleh nilai maksimal untuk kadar opasitas pada B30 sebesar 19,5% dibandingkan kadar opasitas pada Dexlite 15,8 %, sehingga disarankan untuk menggunakan bahan bakar Dexlite. Selain mengetahui pengaruh jenis bahan bakar dan suhu mesin,penelitian ini juga diharapkan untuk dapat memberikan saran kepada penguji kendaraan bermotor agar memperhatikan suhu mesin sebelum melaksanakan pengujian emisi gas buang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Polusi, Suhu dan Bahan Bakar, Emisi Gas Buang (Opasitas)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Teknologi Rekayasa Otomotif > Teknologi Rekayasa Otomotif
Depositing User: Admin TRO
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:36
Last Modified: 11 Dec 2023 09:36
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/2264

Actions (login required)

View Item View Item