TRIADY, GIGIH BAHTIAR (2019) RANCANG BANGUN SISTEM ANTI REM BLONG PADA REM TROMOL BERBASIS MIKROKONTROLER MENGGUNAKAN SENSOR TEMPERATUR DAN SENSOR BEBAN. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.
Text (ABSTRAK)
15020110_SKRIPSI_ABSTRAK.pdf Download (849kB) |
|
Text (BAB 1)
15020110_SKRIPSI_BAB 1.pdf Download (138kB) |
|
Text (BAB 2)
15020110_SKRIPSI_BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (834kB) |
|
Text (BAB 3)
15020110_SKRIPSI_BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (586kB) |
|
Text (BAB 4)
15020110_SKRIPSI_BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB 5)
15020110_SKRIPSI_BAB 5.pdf Download (142kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
15020110_SKRIPSI_LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Tingkat kecelakaan lalu lintas di Indonesia masih tergolong tinggi. kegagalan fungsi rem menjadi salah satu penyebab kecelakaan yang paling sering terjadi, salah satu penyebab pertama yaitu brake fade yang mengakibatkan hilangnya koefisien gesek pada rem tersebut dan kedua yaitu over load yang menyebabkan rem tidak berfungsi secara maksimal. Untuk mengantisipasi hal tersebut perlu dilakukan langkah pencegahan diantaranya, memberikan automatic emergency brake system dengan mengaktifkan handbrake dan exhaust brake dan memberikan peringatan pada pengemudi sehingga dapat mencegah terjadinya kegagalan sistem rem. Metode Penelitian yang digunakan pada Penelitian ini adalah Research and Development yang merupakan metode untuk menghasilkan dan menyempurnakan produk yang pernah diteliti sebelumnya. Uji coba produk sangat menentukan berhasil atau tidaknya alat yang telah dirancang peneliti. Prosedur yang dilaksanakan dalam penelitian rancang bangun sistem anti rem blong pada rem tromol berbasis mikrokontroler menggunakan sensor temperatur dan sensor beban mengadaptasi pada model pengembangan Analize, Design, Development, Implementation and Evaluation (ADDIE) Desain pengembangan alat rancang bangun sistem anti rem blong pada rem tromol berbasis mikrokontroler menggunakan sensor beban dan sensor temperatur dapat terealisasi menjadi sebuah alat namun belum dapat disimulaslikan langsung pada kendaraan. Kinerja automatic Emergency Brake system ini dapat diperoleh dengan pembacaan sensor temperatur dan sensor beban, berfungsinya motor servo sebagai actuator yang bergerak secara otomatis apabila sensor suhu membaca temperatur lebih dari 121 o C dan Load Cell sensor mendeteksi beban lebih dari 863,39 gr, Data akan ditampilkan melalui LCD monitor serta terdapat 3 lampu LED sebagai indikator sensor suhu, ketika sensor suhu mendeteksi suhu di bawah 75 o C maka LED hijau akan menyala, ketika sensor suhu mendeteksi suhu dari 75 o C sampai 120 o C maka lampu LED kuning akan menyala dan ketika sensor suhu mendeteksi suhu di atas 121 o C maka lampu LED merah akan menyala berbarengan dengan pergerakan motor servo. Hasil Kalibrasi temperatur sensor dan load sensor diperoleh R 2 = 0,9999. Hasil R 2 dapat disimpulkan bahwa alat ini memiliki ketelitian yang tinggi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kecelakaan lalu lintas, brake fade, over load, Sensor Temperatur, sensor beban |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Depositing User: | Admin TRO |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:33 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:33 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/2237 |
Actions (login required)
View Item |