PENERAPAN METODE ACCIDENT MODIFICATION FACTORS PADA GEOMETRI JALAN DI LOKASI RAWAN KECELAKAAN

DEWANTARI, KADEK PRITA (2021) PENERAPAN METODE ACCIDENT MODIFICATION FACTORS PADA GEOMETRI JALAN DI LOKASI RAWAN KECELAKAAN. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
17010375_SKRIPSI_ABSTRAK.pdf

Download (228kB)
[img] Text (BAB 1)
17010375_SKRIPSI_BAB 1.pdf

Download (88kB)
[img] Text (BAB 2)
17010375_SKRIPSI_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (359kB)
[img] Text (BAB 3)
17010375_SKRIPSI_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB)
[img] Text (BAB 4)
17010375_SKRIPSI_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (425kB)
[img] Text (BAB 5)
17010375_SKRIPSI_BAB 5.pdf

Download (122kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
17010375_SKRIPSI_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (740kB)

Abstract

Kecelakaan lalu lintas disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalahkondisi jalan. Dalam upaya meminimalisir kecelakaan, pencegahan dapatdilakukan dengan peningkatan keselamatan melalui perbaikan desain geometrijalan. Penelitian ini menggunakan metode Accident Modification Factors (AMF)untuk memprediksi frekuensi kecelakaan yang diakibatkan oleh desain geometrijalan. Dari hasil perhitungan prediksi kecelakaan menggunakan Safety Performance Functions (SPF) dan Empirical Bayes (EB), menghasilkan nilai efektifitas keselamatan sebesar 2% untuk kondisi eksisting geometri jalan.Pemodelan prediksi kecelakaan juga dilakukan melalui uji Generalized Poisson Regression (GPR) guna mengetahui faktor yang paling berpengaruh terhadap kecelakaan. Dari hasil pemodelan prediksi kecelakaan diketahui faktor geometri jalan yang paling berkontribusi terhadap kecelakaan di Jl. Mastrip KM 6-7 adalahlebar lajur serta lebar dan jenis bahu. Semakin lebar lajur maka resikokecelakaan akan semakin meningkat. Lebar bahu yang tidak sesuai standardengan jenis permukaan yang tidak diperkeras juga dapat meningkatkan resikokecelakaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Keselamatan jalan, geometri jalan, Accident Modification Factors (AMF), Safety Performance Functions, Empirical Bayes, efektifitas keselamatan.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan
Depositing User: Admin RSTJ
Date Deposited: 21 Nov 2023 08:12
Last Modified: 21 Nov 2023 08:12
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/2159

Actions (login required)

View Item View Item