KARINI, NOFA MIA (2020) ANALISIS RISIKO KESELAMATAN PADA RUAS JALAN RAYA SERANG KABUPATEN PURBALINGGA DENGAN MENGGUNAKAN METODE HIRARC (HAZARD IDENTIFICATION, RISK ASSESMENT AND RISK CONTROL). Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.
Text (ABSTRAK)
16010327_SKRIPSI_ABSTRAK.pdf Download (620kB) |
|
Text (BAB 1)
16010327_SKRIPSI_BAB 1.pdf Download (351kB) |
|
Text (BAB 2)
16010327_SKRIPSI_BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (415kB) |
|
Text (BAB 3)
16010327_SKRIPSI_BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (616kB) |
|
Text (BAB 4)
16010327_SKRIPSI_BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text (BAB 5)
16010327_SKRIPSI_BAB 5.pdf Download (355kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
16010327_SKRIPSI_LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (588kB) |
Abstract
Berdasarkan analisis lokasi rawan kecelakaan berdasarkan nilai angka ekuivalen kecelakaan lalu lintas dan nilai UCL (Uper Control Limit) bahwa ruas jalan raya Serang Purbalingga menduduki daerah blackspot nomor 3 tertinggi di kabupaten Purbalingga hal ini dikemukakan oleh Dwi,anggun dkk(2019). Pada penelitian ini dilakukan Inspeksi Keselamatan Jalan untuk mengidentifikasi bahaya yang selanjutnya akan dinilai dan dikategorikan risikonya serta membuat usulan penangan di jalan raya Serang Purbalingga. Metode yang digunakan untuk pengukuran risiko dalam penelitian ini menggunakan dua metode yaitu metode mulyono (2009) dan metode Australian Standar/New Zealand Standar For Risk Management. Metode yang dikemukakan oleh mulyono(2009) pengkategorian risiko berdasarkan nilai peluang defisiensi keselamatan infrastruktur jalan terhadap potensi kecelakaan dan nilai dampak keparahan korban kecelakaan berdasarkan tingkat fatalitas, sedangkan metode Australian Standar/New Zealand Standar For Risk Management pengkategorian risiko berdasarkan nilai tingkat keparahan yang diperkirakan dapat terjadi dan nilai kemungkinan terjadinya suatu risiko. Hasil pengkategorian risiko di jalan raya serang purbalingga menggunakan metode Mulyono dkk., 2009 didapatkan kategori risiko cukup berbahaya (CB) untuk semua segmen dan pengkategorian risiko menggunakan metode Australian Standar/New Zealand Standar For Risk Management didapatkan tingkat risiko moderate pada semua segmen. Sehingga pengkategorian risiko baik menggunakan metode Mulyono dkk., 2009 dan metode Australian Standar/New Zealand Standar For Risk Management hasil pengkategorian risiko yang didapatkan hampir sama. Dari hasil pengkategorian risiko tersebut dibuatlah usulan penanganan untuk semua segmen jalan raya serang purbalingga
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengkategorian Risiko, penilaian risiko, keselamatan jalan |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan |
Depositing User: | Admin RSTJ |
Date Deposited: | 21 Nov 2023 00:59 |
Last Modified: | 21 Nov 2023 00:59 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/2124 |
Actions (login required)
View Item |