EFEKTIVITAS PENATAAN PARKIR DI BADAN JALAN TERHADAP PENINGKATAN KINERJA RUAS JALAN (STUDI KASUS JALAN IR.H. JUANDA KOTA SUKABUMI)

WIJAYANTI, RANI (2020) EFEKTIVITAS PENATAAN PARKIR DI BADAN JALAN TERHADAP PENINGKATAN KINERJA RUAS JALAN (STUDI KASUS JALAN IR.H. JUANDA KOTA SUKABUMI). Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
16010307_SKRIPSI_ABSTRAK.pdf

Download (535kB)
[img] Text (BAB 1)
16010307_SKRIPSI_BAB 1.pdf

Download (389kB)
[img] Text (BAB 2)
16010307_SKRIPSI_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB 3)
16010307_SKRIPSI_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB 4)
16010307_SKRIPSI_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB 5)
16010307_SKRIPSI_BAB 5.pdf

Download (380kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
16010307_SKRIPSI_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Salah satu permasalahan transportasi di sepanjang jalan Ir.H. Juanda Kota Sukabumi ini adalah banyaknya kendaraan yang parkir pada badan jalan (on street parking). Hal ini tentu akan mengganggu pergerakan arus lalu lintas dan mengakibatkan penurunan kinerja ruas jalan bahkan kemacetan. Ruas Jalan Ir.H. Juanda merupakan kawasan komersial dan kawasan pendidikan dengan lokasi parkir yang berada di jalan (on street). Permasalahan mengenai parkir yang ada pada ruas jalan tersebut memberikan dampak terhadap kapasitas jalan yang ada. Parkir yang tidak tertata dengan rapi membuat kinerja ruas jalan tersebut menjadi kurang baik. Untuk mengetahui besarnya pengaruh on street parking terhadap kinerja ruas jalan dan mengetahui kinerja on street parking maka dilakukan analisis parkir dan kinerja ruas jalan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan perhitungan kinerja ruas jalan berdasarkan MKJI 1997. Perhitungan kinerja parkir menggunakan perhitungan karakteristik parkir hingga indeks parkir serta penentuan pola parkir berdasarkan Pedoman Teknis Fasilitas Parkir. Hasil dari penelitian ini adalah direkomendasikan untuk penetapan pola parkir untuk kendaraan roda 4 dari sudut 0° menjadi sudut 45⁰ dikarenakan hal ini akan lebih menerima kapasitas kendaraan lebih banyak dan pola parkir sudut 90° menjadi sudut 45⁰ untuk kendaraan sepeda motor. Perubahan sudut parkir mempengaruhi perubahan jumlah SRP menjadi 57 petak untuk SRP kendaraan ringan. Sedangkan berdasarkan analisis yang dilakukan 2 SRP kendaraan ringan dapat digunakan untuk 10 SRP sepeda motor. Jumlah SRP yang dihasilkan setelah dilakukan perubahan sudut adalah 135 petak untuk sepeda motor dan 30 petak untuk kendaraan ringan. Selain itu perlu dilakukan pemindahan parkir pada lokasi yang tidak memadai untuk parkir badan jalan ke tempat yang lebih memadai kebutuhan parkir badan jalan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Parkir Badan Jalan, Kinerja Ruas Jalan, Kinerja Parkir.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan
Depositing User: Admin RSTJ
Date Deposited: 21 Nov 2023 00:57
Last Modified: 21 Nov 2023 00:57
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/2111

Actions (login required)

View Item View Item