NURUNNISA, ITSNA (2022) ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU PENGGUNA JALAN PADA PERLINTASAN SEBIDANG DI KOTA TEGAL. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.
Text (ABSTRAk)
18010525-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf Download (347kB) |
|
Text (BAB 1)
18010525-SKRIPSI-BAB_1.pdf Download (558kB) |
|
Text (BAB 2)
18010525-SKRIPSI-BAB_2.pdf Restricted to Registered users only Download (364kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
18010525-SKRIPSI-BAB_3.pdf Restricted to Registered users only Download (499kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
18010525-SKRIPSI-BAB_4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
18010525-SKRIPSI-BAB_5.pdf Download (163kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
18010525-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Beberapa kasus kecelakaan di perlintasan sebidang memang murni akibat pelanggaran pengendara kendaraan motor, roda empat dan pengendara lainnya. Pelanggaran yang dilakukan pengendara mayoritas menerobos pintu palang, mengambil dua lajur sehingga membuat arus lalu lintas menjadi tersendat ketika palang pintu kembali dibuka, melanggar batas palang perlintasan yang sudah tertutup dengan berhenti di area luar batas palang perlintasan dan pengendara tidak mengikuti arahan dari petugas lintas sebidang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis karakteristik dan faktor yang mempengaruhi perilaku pengguna jalan pada perlintasan sebidang dan memberi rekomendasi untuk mengurangi potensi bahaya kecelakaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah perhitungan menggunakan regresi linear berganda yang meliputi uji validitas dan uji realibilitas dan selanjutnya uji regresi berganda yang meliputi uji t, uji f dan uji koefisien determinasi parsial. Berdasarkan hasil uji regresi maka diperoleh masing-masing t hitung > t tabel yaitu faktor usia dengan uji t sebesar t hitung 3,112 > t tabel 0,122 , jenis kelamin dengan t hitung 2,424 > t tabel 0,122 , pengalaman dengan t hitung 2,973 > t tabel 0,122, ketersediaan fasilitas dengan t hitung 3,131 > t tabel 0,122 dan peraturan dan hukum dengan t hitung 2,113 > t tabel 0,122. Dan berdasarkan uji f kelima faktor diatas dengan f hitung > f tabel yaitu 4,423 > 1,89 maka dengan demikian bahwa usia, jenis kelamin, pengalaman, ketersediaan fasilitas, peraturan dan hukum berpengaruh terhadap perilaku pengguna jalan pada perlintasan sebidang di Kota Tegal. Kata kunci : faktor perilaku, regresi linear berganda, perlintasan sebidang
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | faktor perilaku,regresi linear berganda,perlintasan sebidang |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan |
Depositing User: | 18.01.0525 18.01.0525 |
Date Deposited: | 16 Aug 2022 06:50 |
Last Modified: | 23 Feb 2023 02:06 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/178 |
Actions (login required)
View Item |