KAJIAN KESIAPAN IMPLEMENTASI MULTI LANE FREE FLOW DI JALAN TOL INDONESIA

HAYDAR, RIVQY (2022) KAJIAN KESIAPAN IMPLEMENTASI MULTI LANE FREE FLOW DI JALAN TOL INDONESIA. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
18010562_SKRIPSI_ABSTRAK.pdf

Download (718kB)
[img] Text (BAB 1)
18010562_SKRIPSI_BAB 1.pdf

Download (366kB)
[img] Text (BAB 2)
18010562_SKRIPSI_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (438kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
18010562_SKRIPSI_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (455kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
18010562_SKRIPSI_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (591kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
18010562_SKRIPSI_BAB 5.pdf

Download (371kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
18010562_SKRIPSI_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (445kB) | Request a copy

Abstract

Peningkatan jumlah kendaraan menyebabkan terjadinya kemacetan di jalan tol khususnya pada gerbang transaksi tol, oleh karena itu metode pembayaran tol dengan sistem Multi Lane Free Flow berbasis Global Navigation Satellite System (GNSS) akan di terapkan di Jalan Tol Indonesia untuk mengurangi tundaan yang terjadi di gerbang tol. Tujuan penelitian untuk mengetahui kesiapan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) dan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) dalam implementasi Multi Lane Free Flow, mengetahui kendala yang terjadi dalam implementasi MLFF, dan mengetahui konsep penerapan Multi Lane Free Flow di Jalan Tol. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik analisis data Miles And Huberman dengan tiga tahap analisis yaitu Reduction, Data Display, Verification. Hasil dari penelitian ini yaitu Badan Pengatur Jalan Tol dan Badan Usaha Jalan Tol siap mendukung dan menerapkan Multi Lane Free Flow dengan berbagai kendala seperti kurangnya pemahaman pengguna terhadap teknologi, ketersediaan kuota internet yang dimiliki oleh pengguna jalan tol, Kedisiplinan pengguna tol (ketersediaan saldo), karakter masyarakat yang sering berganti kendaraan, dan resiko terjadinya loss pendapatan tol yang besar. Konsep penerapan MLFF berjalan dengan sistem yang akan menentukan lokasi yang dideterminasi oleh satelit dan proses map-matching akan berjalan di central system. Saat kendaraan akan keluar dari tol dan proses map-matching berakhir sistem akan melakukan kalkulasi tarif dan langsung memotong saldo secara otomatis oleh sistem.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Jalan Tol, Transaksi, Tundaan, Multi Lane Free Flow
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan
Depositing User: Rivqy Haydar
Date Deposited: 11 Aug 2022 02:07
Last Modified: 18 Aug 2022 04:12
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/173

Actions (login required)

View Item View Item