SAPUTRA, FERRY MARCH AJI (2023) ANALISIS KONSUMSI ENERGI BATERAI BIS LISTRIK TIPE XML DAN TIPE NJL. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.
Text (ABSTRAK)
19020292-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 1)
19020292-SKRIPSI-BAB_1.pdf Restricted to Registered users only Download (92kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 2)
19020292-SKRIPSI-BAB_2.pdf Restricted to Registered users only Download (743kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
19020292-SKRIPSI-BAB_3.pdf Restricted to Registered users only Download (262kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
19020292-SKRIPSI-BAB_4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
19020292-SKRIPSI-BAB_5.pdf Restricted to Registered users only Download (89kB) | Request a copy |
|
Text (LAMPIRAN)
19020292-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (542kB) | Request a copy |
Abstract
PT. Transportasi Jakarta melakukan uji coba bis listrik sebagai dukungan program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) dari pemerintah sesuai Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai. Bis listrik memiliki keunggulan dibandingkan dengan bis konvensional yaitu tidak menimbulkan polusi udara dan suara, biaya pengisian daya bis listrik lebih murah jika dibandingkan dengan kendaraan konvensional yang menggunakan bahan bakar minyak untuk menempuh jarak yang sama, dan biaya perawatan lebih murah. Berdasarkan uraian di atas, penulis akan melakukan penelitian tentang konsumsi baterai pada bis listrik, pengaruh perbedaan waktu konsumsi baterai serta mengetahui biaya yang dibutuhkan per kilometernya. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode kuantitatif. Penelitian ini dilakukan secara langsung ke lokasi kantor pusat PT. Tranportasi Jakarta, mengambil data konsumsi baterai selama 15 hari. Konsumsi baterai bis listrik selama 15 hari menunjukan rata – rata konsumsi baterai bis listrik tipe XML per hari 68% atau 221,68 kWh sedangkan rata – rata konsumsi baterai bis listrik tipe NJL per hari 57% atau 184,68 kWh. Rata – rata penggunaan daya baterai bis listrik tipe XML adalah 13,8% atau 12,38 kWh per jam nya sedangkan bis listrik tipe NJL adalah 3,2% atau 10,36 kWh per jam nya. Pada pagi hari bis listrik tipe XML dan tipe NJL untuk menempuh jarak 40 km masing-masing mengkonsumsi baterai sebesar 16% dan 15%. Pada siang hari bis listrik tipe XML dan tipe NJL untuk menempuh jarak 40 km, masing-masing mengkonsumsi baterai sebesar 16% dan 15%. Pada malam hari bis listrik tipe XML dan tipe NJL untuk menempuh jarak 40 km, masing-masing mengkonsumsi baterai sebesar 15% dan 14%. Diketahui biaya yang diperlukan untuk konsumsi baterai bis listrik tipe XML per kilometer sebesar Rp 1.790,- dan biaya yang diperlukan bis listrik tipe NJL per kilometer sebesar Rp 1.602,-.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bis listrik, konsumsi, baterai, kWh |
Subjects: | T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics |
Divisions: | Teknologi Rekayasa Otomotif > Teknologi Rekayasa Otomotif |
Depositing User: | 19.02.0292 19.02.0292 |
Date Deposited: | 11 Aug 2023 06:40 |
Last Modified: | 11 Aug 2023 06:40 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/1710 |
Actions (login required)
View Item |