PRASETYA, IWAN (2023) PENGEMBANGAN BAHAN CAMPURAN KOMPOSIT SERBUK KAYU JATI DAN ABU SEKAM PADI SEBAGAI ALTERNATIF PEMBUATAN KAMPAS REM. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.
Text (ABSTRAK)
19020294_SKRIPSI_ABSTRAK.pdf Download (993kB) |
|
Text (BAB 1)
19020294_SKRIPSI_BAB 1.pdf Download (164kB) |
|
Text (BAB 2)
19020294_SKRIPSI_BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (784kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
19020294_SKRIPSI_BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
19020294_SKRIPSI_BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
19020294_SKRIPSI_BAB 5.pdf Download (482kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
19020294_SKRIPSI_LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) menyatakan bahwa jumlah kendaraan bermotor di Indonesia setiap tahun mengalami peningkatan. Dengan meningkatnya jumlah kendaraan bermotor maka perbaikan dan penggantian komponen-komponen kendaraan yang terus meningkat, termasuk komponen kampas rem, Kampas terdiri dari kampas rem asbestos dan non asbestos. Kampas rem yang terbuat dari asbes atau asbestos bersifat carcinogenic yaitu dapat merusak kesehatan terutama pada sistem pernapasan, maka dari itu diperlukan pengembangan kampas rem yang lebih ramah lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai sifat mekanik dari material komposit berbahan serbuk kayu jati dan abu sekam padi. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode eksperimen. Tahapan pada penelitian ini yang pertama menyiapkan bahan, mencampur bahan, pencetakan, dan pengepresan dengan suhu 180°. Bahan kampas rem yang sudah jadi kemudian dilakukan proses pembentukan kampas rem dan dilanjutkan pengujian kampas rem. Uji yang digunakan meliputi uji kekerasan, uji keausan, uji ketahanan panas, uji jarak pengereman, dan uji massa jenis. Hasil penelitian ini mendapatkan Nilai uji kekerasan tertinggi sebesar 53,79 HV keausan tertinggi sebesar 5,17 X 10 -6 mm2/kg, hasil uji jarak pengereman sebesar 3,60 m dengan perlambatan 17,11 m/s² dan hasil uji massa jenis sebesar 1,18 gr/cm³ Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kampas rem berbahan serbuk kayu jati dan abu sekam padi belum memenuhi standar SAE J661, dan untuk hasil uji ketahanan panas untuk sampel 1 dan 2 mengalami perubahan warna dan kerusakan, dan pada sampel 3 hanya mengalami perubahan warna setelah dilakukan uji pada suhu 360°C selama 1 jam.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Serbuk kayu jati, Kampas rem, Abu sekam padi |
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics T Technology > TP Chemical technology T Technology > TS Manufactures |
Divisions: | Teknologi Rekayasa Otomotif > Teknologi Rekayasa Otomotif |
Depositing User: | 19.02.0294 19.02.0294 |
Date Deposited: | 08 Aug 2023 08:49 |
Last Modified: | 08 Aug 2023 10:00 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/1648 |
Actions (login required)
View Item |