PANGESTY, SINDY (2020) PENGARUH KECEPATAN KENDARAAN BERMOTOR TERHADAP KONSUMSI BAHAN BAKAR MINYAK (BBM) (STUDI KASUS: JALAN TOL TANGERANG-MERAK). Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.
Text (ABSTRAK)
16010309-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf Download (617kB) |
|
Text (BAB 1)
16010309-SKRIPSI-BAB 1.pdf Download (287kB) |
|
Text (BAB 2)
16010309-SKRIPSI-BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (333kB) |
|
Text (BAB 3)
16010309-SKRIPSI-BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (532kB) |
|
Text (BAB 4)
16010309-SKRIPSI-BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (728kB) |
|
Text (BAB 5)
16010309-SKRIPSI-BAB 5.pdf Download (272kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
16010309-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (571kB) |
Abstract
Kecenderungan peningkatan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) memaksa para pemilik kendaraan untuk melakukan penghematan BBM. Berbagai upaya telah dilakukan untuk mengurangi konsumsi bahan bakar minyak berlebih demi menambah jangka waktu ketersediaan sumber daya mineral minyak bumi. Mobil penumpang merupakan salah satu kendaraan yang banyak digunakan dijalan tol yang turut menyumbang konsumsi bahan bakar dengan jumlah yang tinggi. Dengan desain kecepatan rencana di jalan tol yang tinggi, membuat pengguna jalan tol dituntut untuk memacu kendaraan dengan kecepatan yang tinggi pula. Hal ini berdampak pada jumlah konsumsi bahan bakar minyak (BBM) kendaraan yang digunakan. Informasi tentang konsumsi bahan bakar minyak pada kendaraan bermotor (mobil penumpang) dibutuhkan oleh para pemilik kendaraan untuk melakukan efisiensi konsumsi bahan bakar. Penelitian ini menguji pengaruh kecepatan terhadap konsumsi bahan bakar minyak (BBM) jenis pertalite pada kendaraan bermotor di jalan tol. Dengan menggunakan dua metode perhitungan konsumsi BBM yaitu Pacific Consultant International (PCI) dan Bina Marga, diketahui bahwa pada kecepatan uji antara 60 km/jam hingga 120 km/jam, konsumsi BBM paling rendah adalah pada kecepatan 60 km/jam. Namun mengingat kondisi jalan tol yang di desain dengan kecepatan paling rendah adalah 80 km/jam, maka kecepatan yang paling disarankan adalah 80 km/jam dengan konsumsi BBM sebanyak 0,078 liter/km (PCI) dan 0,097 liter/km (Bina Marga) lebih hemat 11% dibanding pada kecepatan 120 km/jam. Hubungan pengaruh tersebut dijelaskan pada persamaan regresi
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bina Marga; kecepatan; keselamatan jalan; konsumsi BBM; PCI |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan |
Depositing User: | Admin RSTJ |
Date Deposited: | 13 Jul 2023 02:02 |
Last Modified: | 13 Jul 2023 02:02 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/1338 |
Actions (login required)
View Item |