SABILA, AMELDA (2020) OPTIMALISASI PERAWATAN ALAT UJI KENDARAAN BERMOTOR MENGGUNAKAN METODE RCM (RELIABILITY CENTERED MAINTENANCE) PADA PENGUJIAN KENDARAAN BERMOTOR KABUPATEN TULUNGAGUNG. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.
Text (ABSTRAK)
17030424_KKW_ABSTRAK.pdf Download (318kB) |
|
Text (BAB 1)
17030424_KKW_BAB 1.pdf Download (217kB) |
|
Text (BAB 2)
17030424_KKW_BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (340kB) |
|
Text (BAB 3)
17030424_KKW_BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (299kB) |
|
Text (BAB 4)
17030424_KKW_BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (514kB) |
|
Text (BAB 5)
17030424_KKW_BAB 5.pdf Download (214kB) |
Abstract
Alat uji mekanis merupakan salah satu faktor Pendukung Pelaksanaan Pengujian Kendaraan Bermotor. Alat uji mekanis harus dalam kondisi siap pakai agar proses pengujian kendaraan bermotor berjalan optimal, karena itu perlu adanya pemeliharaan dan perawatan alat uji yang terselenggara dengan baik agar hasil ujinya akurat dan dapat di pertanggungjawabkan saat kendaraan bermotor di operasikan dijalan. Penulis melakukan penelitian terhadap pengoptimalan pemeliharaan dan perawatan alat uji menggunakan Reliability Centered Maintenance (RCM) di UPT PKB Kabupaten Tulungagung untuk menurunkan tingkat downtime kerusakan alat uji. Data historis kerusakan alat uji dianalisa. Kemudian kegagalan dari suatu komponen yang dapat menyebabkan kegagalan fungsi dari sistem diidentifikasi menggunakan metode Failure Mode and Effect Analysis (FMEA). Selanjutnya untuk mengetahui bagian dari sistem yang gagal sehingga perlu dilakukan tindakan perbaikan dan pencegahan berdasarkan kegagalan yang ada agar kejadian yang sama tidak terulang dan menentukan kegiatan perancangan perawatan yang tepat pada setiap komponen. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Dari penelitian yang dilakukan didapatkan hasil bahwa pelaksanaan pemeliharaan dan perawatan alat uji di UPT PKB Kabupaten Tulungagung terdapat interval kerusakan alat uji tertinggi yaitu alat uji Brake Teseter dengan interval waktu kerusakan sebesar 38,30%. Untuk itu perlu adanya pemeliharaan dan perawatan alat uji dengan kebijakan Corective maintenance (CM), pemilihan dilakukan karena kegagalan fungsi komponen dari Brake Tester yaitu Air Silinder termasuk pada outage problem berdasarkan nilai RPN tertinggi dari setiap komponen.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemeliharaan, RCM, FMEA, resiko, strategi pemeliharaan |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics |
Divisions: | Teknologi Otomotif > Teknologi Otomotif |
Depositing User: | Admin TO |
Date Deposited: | 24 Mar 2023 02:56 |
Last Modified: | 24 Mar 2023 02:56 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/1023 |
Actions (login required)
View Item |