LAPORAN MAGANG 1 DI PT. TRANSPORTASI JAKARTA

YUSUF, FADILLAH and SAPUTRA, FERRY MARCH AJI and SIHOTANG, DONI HUAN SUMANTRI and HUTAGALUNG, MAHER KELVIN PRATAMA (2022) LAPORAN MAGANG 1 DI PT. TRANSPORTASI JAKARTA. Project Report. POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN, TEGAL. (Submitted)

[img] Text (ABSTRAK)
19020290_19020292_19020318_19020325-PKP 1-ABSTRAK.pdf

Download (228kB)
[img] Text (BAB 1)
19020290_19020292_19020318_19020325-PKP 1-BAB_1.pdf

Download (67kB)
[img] Text (BAB 2)
19020290_19020292_19020318_19020325-PKP 1-BAB_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (803kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
19020290_19020292_19020318_19020325-PKP 1-BAB_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
19020290_19020292_19020318_19020325-PKP 1-BAB_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (411kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
19020290_19020292_19020318_19020325-PKP 1-BAB_5.pdf

Download (59kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
19020290_19020292_19020318_19020325-PKP 1-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (871kB) | Request a copy

Abstract

PT. Transportasi Jakarta adalah sebuah sistem transportasi Bus Rapid Transit (BRT) pertama di Asia Tenggara dan Selatan dengan jalur lintasan terpanjang di dunia (208 km). Sistem BRT ini didesain berdasarkan sistem TransMilenio di Bogota, Kolombia. Terhitung sejak 1 Februari 2004, TransJakarta resmi beroperasi, Transjakarta diputuskan berbentuk Badan Pengelola (BP). Transjakarta berdasarkan Keputusan Gubernur No 110/2203, dikelola secara non – struktural, menggunakan dana transfer, anggaran yang fleksibel, pendapatan yang dapat disetor, dan bertanggung jawab langsung ke Gubernur. Pada tanggal 4 Mei 2006, Gubernur DKI Sutiyoso mengubah BP Transjakarta menjadi Badan Layanan Umum (BLU) Transjakarta yang merupakan Unit Pelaksana Teknis (UPT) di bawah Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi DKI Jakarta, hal ini diatur dalam Peraturan Gubernur (Pergub) DKI No. 48 Tahun 2006. Pada tahun 2011 Transjakarta menerapkan sistem manajemen armada terpadu, salah satunya melakukan integrasi dengan operator bus untuk menyediakan layanan feeder busway bagi para pelanggannya serta mengganti bus koridor 1 dengan bus articulated. Pada tanggal 27 Maret 2014, Transjakarta berubah status menjadi bentuk BUMD (Badan Usaha Milik Daerah) dan resmi berganti menjadi PT Transportasi Jakarta. PT. Transportasi Jakarta memiliki beberapa bagian yang menunjang pembelajaran prodi DIV TRO (Teknologi Rekayasa Otomotif), salah satunya yaitu Divisi Teknik. Divisi Teknik adalah sebuah divisi yang bertugas untuk memutuskan laik jalannya sebuah bus beroperasi / Siap Guna Operasi (SGO), fokus utama yang sedang dilakukan oleh Divisi Teknik di PT Transportasi Jakarta yaitu Uji Coba Bus Listrik. Penempatan pada divisi tersebut diharapkan selama dalam kegiatan Magang, taruna mendapatkan pengalaman di dunia kerja dan menambah pengetahuan teknik otomotif sesuai kurikulum prodi Teknologi Rekayasa Otomotif (TRO) di kampus Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan (PKTJ).

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PT. TRANSPORTASI JAKARTA, BUS LISTRIK
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Teknologi Rekayasa Otomotif > Teknologi Rekayasa Otomotif
Depositing User: 19.02.0292 19.02.0292
Date Deposited: 27 Jan 2023 03:08
Last Modified: 27 Jan 2023 03:08
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/932

Actions (login required)

View Item View Item