ARIF SYAHPUTRA, BAHRAN (2022) PENGARUH PELETAKAN BEBAN MUATAN PADA MOBIL PICIK UP GRAND MAX TERHADAP EFISIENSI REM. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (383kB) |
|
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf Download (155kB) |
|
Text (BAB 2)
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (550kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (210kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (974kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf Download (149kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (538kB) | Request a copy |
Abstract
Kecelakaan yang melibatkan kendaraan niaga semacam truk dan bus sering disebabkan karena rem blong. Penyebab rem blong dapat dipengaruhi oleh beban muatan yang dibawa. Berdsarkan data Korlantas Polri. Sepanjang tahun 2019 pelanggaran lalu lintas di Indonesia mencapai 1,3 juta dan 10% diantarannya disebabkan oleh truk ODOL, sehingga mesti dicari pengaruh variasi beban muatan dan peletakan terhadap efisiensi rem. Dalam penelitian ini, variabel yang digunakan yaitu variabel bebas (variasi beban muatan dan posisi peletakan), variabel terikat (efisiensi rem), dan variabel kontrol (kendaraan pick up). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik eksperimen dengan menguji efisiensi rem pada kendaraan dengan variasi muatan 200 kg, 400 kg, 600 kg, 800 kg, dan 1005 kg serta 5 posisi peletakan yaitu di bak bagian tengah, depan, samping kanan, belakang, dan samping kiri. Berdasarkan analisa pada penelitian ini, efisiensi rem akan semakin berkurang ketika beban bertambah, namun ketika beban mencapai maksimal atau berlebih, efisiensi rem akan kembali meningkat, menurut penulis hal ini terjadi karena persebaran muatan yang merata menyebabkan pengereman akan lebih efisien. Pada hasil uji ini dapat dikatakan bahwa posisi peletakan terbaik yaitu pada posisi belakang, karena berdasarkan uji linearitas didapatkan hasil bahwa peletakan muatan pada bagian belakang mempengaruhi efisiensi rem sebesar 83,37 %, niali tertinggi diantara 4 posisi lainnya. Pada hubungan antara posisi tengah, belakang, dan depan, posisi tengah adalah titik seimbang dalam kendaraan, sedangkan untuk posisi tengah, kanan, kiri, posisi kanan adalah titik berat karena merupakan posisi stir pada pengemudi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kendaraan, efisiensi rem, beban muatan, peletakan |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Teknologi Rekayasa Otomotif > Teknologi Rekayasa Otomotif |
Depositing User: | 18.02.0259 18.02.0259 |
Date Deposited: | 14 Dec 2022 02:09 |
Last Modified: | 14 Dec 2022 02:09 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/874 |
Actions (login required)
View Item |