RAHMAWATI, LAELI (2020) FAKTOR PENYEBAB KEJADIAN KECELAKAAN KERJA DI JEMBATAN TIMBANG (STUDI KASUS: UPPKB KLEPU). Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN..
Text (ABSTRAK)
17020175-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf Download (168kB) |
|
Text (BAB 1)
17020175-SKRIPSI-BAB_1.pdf Download (58kB) |
|
Text (BAB 2)
17020175-SKRIPSI-BAB_2.pdf Restricted to Registered users only Download (109kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
17020175-SKRIPSI-BAB_3.pdf Restricted to Registered users only Download (68kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
17020175-SKRIPSI-BAB_4.pdf Restricted to Registered users only Download (223kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
17020175-SKRIPSI-BAB_5.pdf Download (59kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
17020175-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (342kB) | Request a copy |
Abstract
Kecelakaan kerja dapat terjadi dimana saja tanpa memandang tempat, lingkungan kerja merupakan tempat yang potensial terhadap risiko kecelakaan kerja.Proses penimbangan kendaraan angkutan barang di jembatan tembang merupakan salah satu jenis pekerjaan yang berisiko terjadi kecelakaan kerja, faktor penyebab kecelakaan dapat berasal dari berbagai sumber. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor penyebab kecelakaan kerja di jembatan timbang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian analitik dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan mendeskripsikan secara jelas dan terperinci serta memperoleh data yang mendalam dari fokus penelitian. dilakukan di UPPKB Klepu dengan besar sampel sebanyak 23 karyawan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan kuesioner (angket) untuk memperoleh informasi mengenai data umum subyek penelitian yang menyebabkan kecelakaan kerja. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa faktor resiko yang berpotensi menyebabkan kecelakaan kerja di jembatan timbang adalah usia, masa kerja, kondisi lalu lintas disekitar dan kondisi kendaraan yang memasuki penimbangan. Saran yang dapat diajukan dari penelitian ini antara lain: Melaksanakan pelatihan K3 bagi seluruh karyawan dilaksanakan secara rutin dan teratur, Mengontrol penggunaan APD saat petugas menjalankan shift dan mengawasi proses penimbangan kendaraan, Melakukan Ramcheck secara teliti pada kendaraan masuk sebelum melakukan proses penimbangan, meningkatkan kewaspadaan petugas ketika bekerja dan saat mengatur lalu lintas kendaraan yang akan memasuki penimbangan. Kata kunci : Kecelakaan Kerja, Faktor Penyebab, Three Main Factor Theory
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kecelakaan Kerja, Faktor Penyebab, Three Main Factor Theory |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Teknologi Rekayasa Otomotif > Teknologi Rekayasa Otomotif |
Depositing User: | Admin TRO |
Date Deposited: | 30 Nov 2022 05:53 |
Last Modified: | 17 Jul 2024 08:15 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/826 |
Actions (login required)
View Item |