PEMBELAJARAN RAMBU LALU LINTAS DENGAN MEDIA POP UP BOOK PADA SISWA TK DI KOTA PASURUAN

HIDAYATULLAH, AKBAR (2021) PEMBELAJARAN RAMBU LALU LINTAS DENGAN MEDIA POP UP BOOK PADA SISWA TK DI KOTA PASURUAN. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
17O10419-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf

Download (533kB)
[img] Text (BAB 1)
17O10419-SKRIPSI-BAB_1.pdf

Download (259kB)
[img] Text (BAB 2)
17O10419-SKRIPSI-BAB_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (413kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
17O10419-SKRIPSI-BAB_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (512kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
17O10419-SKRIPSI-BAB_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (606kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
17O10419-SKRIPSI-BAB_5.pdf

Download (253kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
17O10419-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (601kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pendidikan keselamatan berlalu lintas terutama pemahaman pada rambu – rambu lalu lintas yang digunakan untuk mengarahkan, membatasi, memperingati pengguna jalan dalam berlalu lintas mulai diperkenalkan sejak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk membuat media berupa pop up book yang berjudulkan Pembelajaran Rambu Lalu Lintas Dengan Media Pop Up Book Pada Siswa TK DI Kota Pasuruan dalam meningkatkan pemahaman rambu – rambu lalu lintas siswa TK di tiga TK dan mengetahui efektifitas penggunaan media ini dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang rambu lalu lintas. Analisis untuk meningkatkan pengetahuan siswa TK di Kota Pasuruan menggunakan metode One Group Pretest-Posttest Design dengan teknik pengolahan data menggunakan uji Normalitas dan T-test yang diolah dalam (IBM SPSS Statistik 22). Dimana uji validasi media dilakukan dengan validator ahli dengan kriteria ahli dalam kampanye keselamatan, ahli desain dan guru TK yang ahli dalam karakteristik siswa TK. Tingkat pengetahuan rambu lalu lintas siswa TK di Kota Pasuruan sebelum pembelajaran dengan media pop up book didapatkan hasil rata-rata nilai 50,18. Setelah pembelajaran dengan media pop up book didapatkan hasil rata-rata nilai 70,07. Berdasarkan hasil Uji Paired Sample T-test terlihat pada output sig = 0,000 < 0,005, maka Ho ditolak, artinya bahwa hasil Pre-test dan Post-test memiliki perbedaan dengan kata lain Ha diterima. Pada penelitian ini hasil Uji T tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pemahaman antara sebelum menggunakan media dengan sesudah menggunakan media, terdapat perbedaan skor hasil akhir tes, sehingga dengan kata lain Uji Paired Sample T-test ini berhasil untuk mengetahui peningkatan pemahaman rambu siswa dan masuk dalam kategori pemahaman baik. Kata kunci : Pemahaman rambu lalu lintas, media pop up book, anak usia dini, peningkatan pemahaman.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman rambu lalu lintas, media pop up book, anak usia dini, peningkatan pemahaman.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan
Depositing User: Admin RSTJ
Date Deposited: 01 Dec 2022 03:30
Last Modified: 21 Mar 2023 01:26
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/728

Actions (login required)

View Item View Item