PERILAKU SAFETY DRIVING PADA ANGKUTAN UMUM DI RUAS JALAN PINANG BARIS KOTA MEDAN

INDRIAWAN, M. AZRIL (2022) PERILAKU SAFETY DRIVING PADA ANGKUTAN UMUM DI RUAS JALAN PINANG BARIS KOTA MEDAN. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
18010582-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB 1)
18010582-SKRIPSI-BAB1.pdf

Download (126kB)
[img] Text (BAB 2)
18010582-SKRIPSI-BAB2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
18010582-SKRIPSI-BAB3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
18010582-SKRIPSI-BAB4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (493kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
18010582-SKRIPSI-BAB5.pdf

Download (120kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
18010582-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (792kB) | Request a copy

Abstract

INTISARI Tingkat kecelakaan di Indonesia masih tergolong sangat tinggi. Berdasarkan sumber data Kepolisian, tingkat kecelakaan lalu lintas dari tahun 2018 sampai 2019 paling banyak disebabkan oleh factor kendaraan terkait dengan pemenuhan persyaratan teknis dan laik jalan hingga mencapai 61%. Faktor manusia (human eror) mengantuk menjadi salah satu penyebab terjadinya kecelakaan.Mengantuk atau ketidakcakapan pengemudi menjadi faktor utama penyebab kecelakaan sebanyak 35 persen, hal ini terjadi karena pengemudi kendaraan bermotor melampaui durasi maksimal mengemudi di jalan dapat mengakibatkan terjadinya kecelakaan. Tujuan penelitian untuk mengidentifikasi bagaimana perilaku disiplin berlalu lintas pada pengemudi angkutan umum dan mengidentifikasi bagaimana pengaruh tingkat perilaku safety driving disiplin berlalu lintas saat berkendara pada pada pengemudi angkutan umum. Metode analisis data menggunakan alat ukur statistik hipotetik dengan mengatahui persentase dari varibel penelitian yang sudah ditentukan. Berdasarkan hasil analisis dalam penelitian disimpulkan bahwa Perilaku disiplin di jalan Pinang Baris Sunggal Medan dikategorikan menjadi 3 variabel yaitu Tingkat Pendidikan dengan persentase pendidikan SMA paling tinggi yaitu 76%, Umur Muda lebih tinggi yaitu dengan persentase 74% dan Kepemilikan SIM lebih tinggi yaitu dengan persentase 74%. Dengan menggunakan metode statistic emperik didapatkan bahwa perilaku pengemudi di kota medan sangat ditentukan oleh kepemilkan SIM dengan persentase 90% dari 55 responden yang diberikan angket (kuisioner). Hal ini membuktikan bahwa perilaku pengemudi yang dikategorikan baik akan cenderung meningkat jika para pengemudi sudah memiliki SIM, karena dengan adanya SIM pengemudi sudah memiliki kualifikasi mengemudi yang handal khususnya di jalan raya. Kata Kunci : Safety Driving,Perilaku Pengemudi, Statistik Hipotetik

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Safety Driving,Perilaku Pengemudi, Statistik Hipotetik
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan
Depositing User: 18.01.0582 18.01.0582
Date Deposited: 31 Aug 2022 01:48
Last Modified: 31 Aug 2022 01:48
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/554

Actions (login required)

View Item View Item