ANALISIS RISIKO BAHAYA BUS LISTRIK TERHADAP PENGGUNA JALAN (STUDI KASUS BUS LISTRIK TRANSJAKARTA)

UTOMO, WIRADHIKA YUDHA (2022) ANALISIS RISIKO BAHAYA BUS LISTRIK TERHADAP PENGGUNA JALAN (STUDI KASUS BUS LISTRIK TRANSJAKARTA). Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
18020279_SKRIPSI_ABSTRAK.pdf

Download (357kB) | Preview
[img] Text (BAB 1)
18020279_SKRIPSI_BAB 1.pdf

Download (159kB)
[img] Text (BAB 2)
18020279_SKRIPSI_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (390kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
18020279_SKRIPSI_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (462kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
18020279_SKRIPSI_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (612kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
18020279_SKRIPSI_BAB 5.pdf

Download (161kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
18020279_SKRIPSI_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (867kB) | Request a copy

Abstract

Seiring meningkatnya perkembangan zaman, transportasi merupakan suatu alat yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat sebagai alat untuk membantu perpindahan dari suatu tempat menuju tempat lainnya. Akan tetapi kendaraan konvensional yang masih menggunakan bahan bakar minyak merupakan salah satu penyumbang terbesar polusi gas buang dan juga polusi suara. Oleh karena itu dibuatlah suatu moda transportasi bertenaga listrik yaitu bus listrik, akan tetapi selain memiliki kelebihan bus listrik juga memiliki beberapa kekurangan yaitu tingkat suara yang terlalu rendah sehingga dapat menimbulkan risiko bahaya Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan melakukan penyebaran kuisioner untuk mengetahui tingkat frekuensi potensi bahaya dan menganalisa menggunakan metode HIRA untuk mengetahui risiko bahaya bus listrik terhadap pengguna jalan, observasi langsung terhadap tingkat kebisingan di lokasi dan juga dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di di depan balaikota mengarah ke ruas jalan sudirman sampai dengan terminal Blok M mengikuti rute yang dilewati bus listrik dengan jumlah responden 100 orang pengguna jalan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa tingkat kebisingan jalan raya perkotaan memiliki tingkat sebesar 80,9 desibel. Tingkat risiko yang dapat ditimbulkan oleh bus listrik adalah Middle (M) dan mayoritas tingkat risikonya adalah high (H) dengan jumlah tingkat risiko high (H) terhadap pengguna motor adalah 29 dan tingkat risiko Middle (M) adalah 13. Lalu tingkat risiko terhadap pengguna mobil adalah 13 kategori Low (L), 12 kategori Middle (M) dan 17 kategori high (H). untuk tingkat risiko bahaya bus listrik terhadap pengguna sepeda dan jalan kaki berada pada kategori high (H) dengan jumlah masing-masing 52 kaetgori high (H) terhadap pengguna sepeda dan 18 kateogri high (H) terhadap pengguna jalan. Kata Kunci : Bus listrik, Tingkat Risiko¸Metode HIRA

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bus listrik, Tingkat Risiko¸Metode HIRA
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Teknologi Rekayasa Otomotif > Teknologi Rekayasa Otomotif
Depositing User: 18.02.0279 18.02.0279
Date Deposited: 24 Aug 2022 04:22
Last Modified: 24 Aug 2022 04:22
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/531

Actions (login required)

View Item View Item