RANCANG BANGUN ALAT BANTU PEMBERHENTIAN KENDARAAN BERMOTOR PADA PENGUJIAN HEADLIGHT TESTER BERBASIS ARDUINO UNO

SETIAWAN, MOCHAMMAD DODY (2022) RANCANG BANGUN ALAT BANTU PEMBERHENTIAN KENDARAAN BERMOTOR PADA PENGUJIAN HEADLIGHT TESTER BERBASIS ARDUINO UNO. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
19030561-KKW-ABSTRAK.pdf

Download (513kB)
[img] Text (BAB 1)
19030561-KKW-BAB_1.pdf

Download (135kB)
[img] Text (BAB 2)
19030561-KKW-BAB_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (420kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
19030561-KKW-BAB_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (692kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
19030561-KKW-BAB_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (963kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
19030561-KKW-BAB_5.pdf

Download (133kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
19030561-KKW-BAB_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (987kB) | Request a copy

Abstract

Pemberhentian kendaraan pada uji headlight tester di pengujian kendaraan bermotor Kota Mataram dinilai kurang efektif dikarenakan tidak adanya garis pemberhentian (stopline), tidak adanya acuan pemberhentian pada headlight tester di pengujian kendaraan bermotor Kota Mataram sehingga jarak pemberhentian hanya mengandalkan perkiraan dan instruksi penguji. Oleh sebab itu dibutuhkan suatu alat bantu berbasis Arduino yang mampu meningkatkan akurasi jarak pemberhentian dengan memberikan isyarat pemberhentian terhadap sopir kendaraan berupa suara yaitu buzzer dan cahaya berupa LED, sehingga terdapat acuan pemberhentian tanpa penguji memberikan instruksi lebih. Tujuan penilitian ini adalah dapat merancang dan mengetahui cara kerja suatu alat bantu pemberhentian headlight tester serta mengetahui pengaruh atau tidaknya jarak terhadap hasil uji dan mengetahui tingkat efisiensi waktu dengan atau tidaknya menggunakan Alat Bantu. Penelitian ini menggunakan metode Reasearch and Development (R&D). Untuk pengumpulan data penilitian ini melalui observasi langsung, wawancara, dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan alat bantu meningkatkan efektifitas pengujian dengan selisih kecepatan 3,1665 detik lebih cepat dibandingkan dengan tidak menggunakan alat bantu, serta pada penelitian ini membuktikan bahwa jarak pemberhentian mempengaruhi hasil akhir. Dengan rata-rata perubahan jarak 15,59 cm mengakibatkat perubahan hasil intensitas cahaya dengan rata-rata 4.070 candela dan rata-rata sudut deviasi 0°06".

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Headlight Tester, Arduino, Cahaya, Jarak.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Teknologi Otomotif > Teknologi Otomotif
Depositing User: 19.03.0561 19.03.0561
Date Deposited: 16 Aug 2022 01:59
Last Modified: 16 Aug 2022 01:59
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/454

Actions (login required)

View Item View Item