EVALUASI RUTE DAN TEMPAT HENTI BUS RAPID TRANSIT KORIDOR II TRANS CIREBON

FADILLAH, ALI (2025) EVALUASI RUTE DAN TEMPAT HENTI BUS RAPID TRANSIT KORIDOR II TRANS CIREBON. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
21013093_SKRIPSI_ABSTRAK.pdf

Download (641kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
21013093_SKRIPSI_BAB 1.pdf

Download (109kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
21013093_SKRIPSI_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
21013093_SKRIPSI_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
21013093_SKRIPSI_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB 5)
21013093_SKRIPSI_BAB 5.pdf

Download (88kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
21013093_SKRIPSI_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pertumbuhan penduduk dan aktivitas ekonomi di Kota Cirebon menuntut adanya sistem transportasi umum yang efisien, aman, dan nyaman, salah satunya melalui pengoperasian Bus Rapid Transit (BRT) Trans Cirebon Koridor II. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi kinerja rute dan operasional serta menentukan lokasi halte yang optimal dengan pendekatan kuantitatif melalui survei lapangan, observasi, dan analisis menggunakan model Set Covering Problem (SCP) dan Max Covering Problem (MCP) yang diolah dengan perangkat lunak Lingo 18.0 serta pemetaan ArcGIS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja operasional BRT Koridor II masih belum optimal dengan load factor rata-rata 34,41–64,41%, headway 36–37 menit, waktu tunggu 10–15 menit, kecepatan perjalanan 16 km/jam, dan waktu tempuh 1 jam 42 menit. Lokasi bangkitan penumpang utama berada di kawasan pendidikan, permukiman, dan pusat perdagangan, sementara beberapa halte eksisting kurang strategis. Analisis SCP dan MCP merekomendasikan lokasi halte baru yang lebih optimal untuk meningkatkan aksesibilitas. Kesimpulannya, BRT Koridor II perlu ditingkatkan dari sisi jumlah armada, jadwal operasional, dan fasilitas halte, dengan dukungan integrasi moda transportasi lain guna meningkatkan minat masyarakat dalam menggunakan BRT Trans Cirebon.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: BRT, Rute, Halte, Set Covering Problem, Max Covering Problem, Lingo, ArcGIS
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan
Depositing User: 21013093 21013093
Date Deposited: 26 Aug 2025 01:28
Last Modified: 26 Aug 2025 01:28
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/4116

Actions (login required)

View Item View Item