FADILLAH, ALI (2025) EVALUASI RUTE DAN TEMPAT HENTI BUS RAPID TRANSIT KORIDOR II TRANS CIREBON. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.
|
Text (ABSTRAK)
21013093_SKRIPSI_ABSTRAK.pdf Download (641kB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1)
21013093_SKRIPSI_BAB 1.pdf Download (109kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB 2)
21013093_SKRIPSI_BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (245kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB 3)
21013093_SKRIPSI_BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (269kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB 4)
21013093_SKRIPSI_BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 5)
21013093_SKRIPSI_BAB 5.pdf Download (88kB) | Preview |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
21013093_SKRIPSI_LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Pertumbuhan penduduk dan aktivitas ekonomi di Kota Cirebon menuntut adanya sistem transportasi umum yang efisien, aman, dan nyaman, salah satunya melalui pengoperasian Bus Rapid Transit (BRT) Trans Cirebon Koridor II. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi kinerja rute dan operasional serta menentukan lokasi halte yang optimal dengan pendekatan kuantitatif melalui survei lapangan, observasi, dan analisis menggunakan model Set Covering Problem (SCP) dan Max Covering Problem (MCP) yang diolah dengan perangkat lunak Lingo 18.0 serta pemetaan ArcGIS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja operasional BRT Koridor II masih belum optimal dengan load factor rata-rata 34,41–64,41%, headway 36–37 menit, waktu tunggu 10–15 menit, kecepatan perjalanan 16 km/jam, dan waktu tempuh 1 jam 42 menit. Lokasi bangkitan penumpang utama berada di kawasan pendidikan, permukiman, dan pusat perdagangan, sementara beberapa halte eksisting kurang strategis. Analisis SCP dan MCP merekomendasikan lokasi halte baru yang lebih optimal untuk meningkatkan aksesibilitas. Kesimpulannya, BRT Koridor II perlu ditingkatkan dari sisi jumlah armada, jadwal operasional, dan fasilitas halte, dengan dukungan integrasi moda transportasi lain guna meningkatkan minat masyarakat dalam menggunakan BRT Trans Cirebon.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | BRT, Rute, Halte, Set Covering Problem, Max Covering Problem, Lingo, ArcGIS |
Subjects: | T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements |
Divisions: | Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan |
Depositing User: | 21013093 21013093 |
Date Deposited: | 26 Aug 2025 01:28 |
Last Modified: | 26 Aug 2025 01:28 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/4116 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |