ROMADHON, FIRMAN ADITIA DWI (2025) RANCANG BANGUN SISTEM SENSOR JARAK KENDARAAN DENGAN INTERVENSI AKSELERASI ULTRASONIK PADA PEDAL REM. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.
|
Text (ABSTRAK)
21023071-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf Download (616kB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1)
21023071-SKRIPSI-BAB 1.pdf Download (100kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB 2)
21023071-SKRIPSI-BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (315kB) |
|
![]() |
Text (BAB 3)
21023071-SKRIPSI-BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (559kB) |
|
![]() |
Text (BAB 4)
21023071-SKRIPSI-BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (BAB 5)
21023071-SKRIPSI-BAB 5.pdf Download (99kB) | Preview |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
21023071-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini berjudul “Rancang Bangun Sistem Sensor Jarak Kendaraan dengan Intervensi Akselerasi Ultrasonik pada Pedal Rem”. Latar belakang penelitian adalah tingginya angka kecelakaan lalu lintas yang sebagian besar disebabkan oleh human error seperti kurang memperhatikan jarak aman, mengantuk, atau keterbatasan jarak pandang. Untuk meningkatkan keselamatan berkendara, dikembangkan sistem otomatis yang mampu mendeteksi objek di depan dan belakang kendaraan menggunakan sensor ultrasonik. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D). Sistem terdiri atas mikrokontroler ESP32 sebagai pusat pengendali, sensor ultrasonik US-015 untuk pengukuran jarak, motor driver BTS7960 untuk mengatur daya, serta linear actuator yang menekan pedal rem secara otomatis. Alat ini juga dilengkapi buzzer dan LED indikator sebagai tanda peringatan. Pengujian dilakukan pada kendaraan Honda Jazz RS Triptonic dengan variasi kecepatan 5 km/jam, 7 km/jam, dan 10 km/jam, serta objek simulasi berupa kayu triplek pada jarak 350 cm, 400 cm, dan 450 cm. Hasil pengujian menunjukkan sensor bekerja akurat dengan tingkat error rendah dan sistem mampu memberikan respon pengereman otomatis secara cepat serta stabil. Dengan demikian, alat ini dapat membantu pengemudi mengantisipasi bahaya, menjaga jarak aman antar kendaraan, dan mengurangi risiko kecelakaan akibat keterlambatan reaksi manusia. Penelitian ini diharapkan menjadi kontribusi teknologi keselamatan aktif di bidang transportasi jalan serta dapat dikembangkan lebih lanjut. Kata kunci : Keselamatan berkendara, human error, jarak aman, jarak pandang, sensor ultrasonik US-015, ESP32, motor driver BTS7960, linear actuator, pedal rem otomatis, Research and Development (R&D).
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci : Keselamatan berkendara, human error, jarak aman, jarak pandang, sensor ultrasonik US-015, ESP32, motor driver BTS7960, linear actuator, pedal rem otomatis, Research and Development (R&D). |
Subjects: | T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Teknologi Rekayasa Otomotif > Teknologi Rekayasa Otomotif |
Depositing User: | 21023071 21023071 |
Date Deposited: | 25 Aug 2025 01:37 |
Last Modified: | 25 Aug 2025 01:37 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/4113 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |