DHANISWARA, GEDE RAMA (2025) ANALISIS BIAYA OPERASIONAL KENDARAAN SEBAGAI DASAR PENENTUAN TARIF ANGKUTAN BARANG PADA PT. XYZ. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.
|
Text (ABSTRAK)
21021039-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf Download (967kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
21021039-SKRIPSI-BAB_1.pdf Download (91kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
21021039-SKRIPSI-BAB_2.pdf Restricted to Registered users only Download (904kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB III)
21021039-SKRIPSI-BAB_3.pdf Restricted to Registered users only Download (213kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV)
21021039-SKRIPSI-BAB_4.pdf Restricted to Registered users only Download (306kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB V)
21021039-SKRIPSI-BAB_5.pdf Download (75kB) | Preview |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
21021039-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Transportasi berperan penting dalam menunjang distribusi logistik, khususnya di sektor otomotif. PT. XYZ sebagai perusahaan jasa logistik di Bekasi sangat bergantung pada efisiensi armada kendaraan untuk menjaga daya saing tarif sewa. Namun, penetapan tarif selama ini belum mengacu pada perhitungan biaya operasional yang terstandar, sehingga dapat berdampak pada profitabilitas perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Biaya Operasional Kendaraan (BOK) sebagai dasar dalam penentuan tarif sewa kendaraan yang optimal di PT. XYZ. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus, yang merujuk pada pedoman perhitungan BOK berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor 251 Tahun 2022. Komponen biaya yang dianalisis mencakup biaya tetap, seperti depresiasi kendaraan, pajak, asuransi, dan gaji awak kendaraan, serta biaya tidak tetap, seperti konsumsi bahan bakar, biaya perawatan, dan penggantian suku cadang. Objek penelitian meliputi enam jenis kendaraan yaitu Lite box, CDE, CDD 5 meter, Engkel 7,5 meter, Engkel 8,3 meter dan Tronton 9 meter. Hasil penelitian menunjukkan adanya ketidaksesuaian antara tarif dan biaya aktual. Oleh karena itu, disarankan penyesuaian tarif berbasis BOK dengan mempertimbangkan Break Even Point (BEP) dan Return on Investment (ROI) guna mendukung efisiensi dan keberlanjutan operasional perusahaan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | biaya operasional kendaraan, tarif angkutan barang, BOK, BEP, ROI, logistik, transportasi |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Teknologi Rekayasa Otomotif > Teknologi Rekayasa Otomotif |
Depositing User: | Gede Rama Dhaniswara |
Date Deposited: | 15 Aug 2025 10:01 |
Last Modified: | 15 Aug 2025 10:01 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/4072 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |