PEMANFAATAN TEKNOLOGI LONG RANGE UNTUK TRANSMISI DATA IDENTIFIKASI KENDARAAN HAK UTAMA PADA KENDALI LAMPU LALU LINTAS

UMAM, MOHAMAD AZMI KHAERUL (2025) PEMANFAATAN TEKNOLOGI LONG RANGE UNTUK TRANSMISI DATA IDENTIFIKASI KENDARAAN HAK UTAMA PADA KENDALI LAMPU LALU LINTAS. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
21023076-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf

Download (707kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
21023076-SKRIPSI-BAB_1.pdf

Download (183kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
21023076-SKRIPSI-BAB_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (501kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
21023076-SKRIPSI-BAB_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (647kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
21023076-SKRIPSI-BAB_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (867kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB 5)
21023076-SKRIPSI-BAB_5.pdf

Download (167kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
21023076-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Keterlambatan kendaraan hak utama seperti ambulans dan pemadam kebakaran akibat kemacetan lalu lintas merupakan masalah krusial yang dapat membahayakan nyawa. Sistem lampu lalu lintas konvensional tidak mampu memberikan respons cepat untuk memberikan prioritas jalan. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun sebuah sistem prioritas pada kendali lampu lalu lintas dengan memanfaatkan teknologi Long Range (LoRa) untuk transmisi data identifikasi kendaraan. Metode penelitian yang digunakan adalah R&D (Research and Development) dengan sistem yang terdiri dari perangkat Node pada kendaraan dan Gateway di persimpangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknologi Long Range berhasil dimanfaatkan untuk memberikan prioritas secara real-time. Sistem mampu menerima sinyal dan mengubah siklus lampu lalu lintas dalam waktu yang sangat cepat, yaitu antara 1 hingga 4 detik, pada kondisi sinyal yang stabil. Meskipun demikian, keandalan sistem sangat dipengaruhi oleh kondisi lingkungan, di mana performa dapat menurun dalam bentuk respon yang melambat atau bahkan hilangnya sinyal di area dengan jangkauan yang lemah. Penelitian ini juga membuktikan bahwa kalibrasi Received Signal Strength Indicator (RSSI) dapat digunakan sebagai metode yang akurat untuk mengestimasi jarak kendaraan. Ditemukan adanya korelasi yang kuat antara jarak dengan kekuatan sinyal, yang memungkinkan penentuan ambang batas untuk memicu mode prioritas. Namun, metode ini memerlukan proses kalibrasi yang spesifik untuk setiap lokasi guna menjamin akurasi tertinggi, mengingat jangkauan sinyal yang terbukti bervariasi antara 60 hingga 90 meter tergantung pada halangan fisik. Secara keseluruhan, sistem yang dikembangkan terbukti layak dan efektif, namun implementasinya di lapangan memerlukan pemetaan jangkauan sinyal (site survey) dan kalibrasi spesifik untuk menjamin keandalan yang optimal. Kata Kunci: LoRa, Lampu Lalu Lintas, Kendaraan Hak Utama, Sistem Prioritas, RSSI.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: LoRa, Lampu Lalu Lintas, Kendaraan Hak Utama, Sistem Prioritas, RSSI.
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Teknologi Rekayasa Otomotif > Teknologi Rekayasa Otomotif
Depositing User: 21023076 21023076
Date Deposited: 14 Aug 2025 02:48
Last Modified: 14 Aug 2025 02:48
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/4061

Actions (login required)

View Item View Item