DESAIN ALAT UJI REM JENIS ROL UNTUK SEPEDA MOTOR

PUTRI, RESTU FANIA (2025) DESAIN ALAT UJI REM JENIS ROL UNTUK SEPEDA MOTOR. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
22033082-KKW-ABSTRAK (1).pdf

Download (383kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
22033082-KKW-BAB_1.pdf

Download (175kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
22033082-KKW-BAB_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
22033082-KKW-BAB_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (472kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
22033082-KKW-BAB_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (590kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB 5)
22033082-KKW-BAB_5.pdf

Download (206kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
22033082-KKW-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (836kB) | Request a copy

Abstract

Alat uji rem merupakan sarana penting dalam memastikan kelaikan kendaraan bermotor, khususnya sepeda motor, yang memiliki angka kecelakaan lalu lintas tinggi di Indonesia. Namun, ketersediaan alat uji rem yang sesuai standar dan terjangkau masih sangat terbatas, terutama untuk skala pendidikan vokasi. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk merancang disain alat uji rem jenis rol untuk sepeda motor yang efisien, hemat biaya, dan dapat direalisasikan dalam bentuk prototipe pada tahap lanjutan. Penelitian ini menggunakan metode analisis matematik berbasis mekanika teknik untuk menentukan spesifikasi teknis komponen utama alat uji, yaitu roller, load cell, motor listrik, dan gearbox. Data yang digunakan merupakan data sekunder yang diperoleh dari studi literatur dan survei harga komponen pada marketplace. Kendaraan uji yang digunakan adalah sepeda motor listrik Honda CUV E, dengan berat total 177 kg dan diameter ban 500 mm. Hasil perancangan menunjukkan bahwa diameter roller optimal adalah 3 Inch (76,2) mm dengan jarak antar roller 300 mm untuk menjamin kestabilan saat pengujian. Koefisien gesek ban terhadap permukaan roller diambil sebesar 0,8 sebagai kondisi ideal di jalan kering. Torsi maksimum pengereman yang terjadi sebesar 31,6 Nm, dan untuk menggerakkan roller tersebut diperlukan motor listrik dengan daya minimum 2 HP dan rasio gearbox 1:4. Load cell yang dibutuhkan minimal memiliki kapasitas 4,026 kgf untuk menahan puntiran torsi dari gearbox. Desain ini diharapkan dapat menjadi referensi pengembangan alat uji rem rol sederhana di lingkungan Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan dan institusi pendidikan teknik lainnya. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap inovasi alat uji yang praktis, ekonomis, dan dapat diintegrasikan dengan sistem pembelajaran teknik otomotif modern. Kata kunci: alat uji rem, sepeda motor, roller brake tester, gaya pengereman, desain mekanik, analisis matematik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: alat uji rem, sepeda motor, roller brake teste
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Teknologi Otomotif > Teknologi Otomotif
Depositing User: 22033082 22033082
Date Deposited: 14 Aug 2025 01:18
Last Modified: 14 Aug 2025 01:18
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/4060

Actions (login required)

View Item View Item