RANCANG BANGUN SISTEM PENGENALAN DAN PERHITUNGAN VOLUME KENDARAAN (TRAFFIC COUNTING) DAN PENGAMAT KENDARAAN YANG BERGERAK (MOVING CAR OBSERVER)

KUSUMA, DIMAS ARDI (2025) RANCANG BANGUN SISTEM PENGENALAN DAN PERHITUNGAN VOLUME KENDARAAN (TRAFFIC COUNTING) DAN PENGAMAT KENDARAAN YANG BERGERAK (MOVING CAR OBSERVER). Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
21023068_SKRIPSI_ABSTRACT.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
21023068_SKRIPSI_BAB 1.pdf

Download (81kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
21023068_SKRIPSI_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (446kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
21023068_SKRIPSI_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (830kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
21023068_SKRIPSI_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (889kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB 5)
21023068_SKRIPSI_BAB 5.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
21020368_SKRIPSI_LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan sebuah sistem pintar yang dapat menghitung dan mengenali jenis kendaraan di jalan secara otomatis. Sistem ini menggunakan rekaman dari kamera CCTV untuk menyediakan data lalu lintas yang akurat dan seketika (real-time). Dengan teknologi bernama algoritma You Only Look Once (YOLO), sistem dapat membedakan mana mobil, motor, bus, atau truk, yang sangat penting untuk membantu mengelola lalu lintas agar lebih lancar dan tidak macet. Sistem ini dirancang agar mudah dibawa-bawa (portabel), karena hanya terdiri dari kamera, laptop, dan baterai sebagai sumber daya listriknya. Kamera yang digunakan pun canggih, mampu berputar untuk melihat ke segala arah, merekam gambar dengan sangat jernih bahkan di malam hari, dan tahan terhadap berbagai kondisi cuaca. Semua data yang direkam kemudian ditampilkan di sebuah website yang dilengkapi peta interaktif, sehingga pengguna bisa melihat lokasi pengamatan dan mempelajari pola lalu lintas melalui grafik. Hasil pengujian menunjukkan bahwa sistem ini secara umum bekerja dengan cukup baik. Namun, kelemahan terbesarnya adalah masih kurang akurat dalam mendeteksi sepeda motor. Selain itu, performa sistem sangat bergantung pada kondisi pencahayaan; pada siang hari akurasinya bisa mencapai 80%, tetapi pada malam hari turun drastis menjadi hanya 40%. Hal ini menunjukkan bahwa cahaya adalah faktor yang sangat penting bagi keberhasilan sistem ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Algoritma YOLO, Deteksi Kendaraan, Manajemen Lalu Lintas, PKJI
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Teknologi Rekayasa Otomotif > Teknologi Rekayasa Otomotif
Depositing User: 21023068 21023068
Date Deposited: 12 Aug 2025 01:26
Last Modified: 12 Aug 2025 01:26
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/4036

Actions (login required)

View Item View Item