PURWANINGTYAS, HELMIA SALSABILA (2025) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGEMUDI TRUK BERPINDAH LAJUR DI JALAN TOL. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.
|
Text (ABSTRAK)
21011043-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf Download (673kB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1)
21011043-SKRIPSI-BAB_1.pdf Download (113kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB 2)
21011043-SKRIPSI-BAB_2.pdf Restricted to Registered users only Download (791kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB 3)
21011043-SKRIPSI-BAB_3.pdf Restricted to Registered users only Download (192kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB 4)
21011043-SKRIPSI-BAB_4.pdf Restricted to Registered users only Download (602kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 5)
21011043-SKRIPSI-BAB_5.pdf Download (139kB) | Preview |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
21011043-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (882kB) | Request a copy |
Abstract
Perpindahan lajur oleh pengemudi truk di jalan tol merupakan manuver yang kompleks dan berisiko tinggi terhadap keselamatan lalu lintas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi perilaku berpindah lajur pada pengemudi truk, khususnya di Ruas Jalan Tol Tangerang–Merak. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan pengumpulan data melalui kuesioner terhadap 120 responden pengemudi truk berbagai golongan, dilengkapi wawancara lapangan. Analisis data dilakukan menggunakan metode Structural Equation Modeling dengan pendekatan Partial Least Squares (SEM-PLS) untuk mengevaluasi pengaruh variabel laten: pengemudi (X1), kendaraan (X2), jalan (X3), dan kondisi lingkungan (X4) terhadap keputusan berpindah lajur (Y). Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel karakteristik pengemudi dan kendaraan tidak berpengaruh signifikan terhadap perilaku berpindah lajur, sedangkan variabel kondisi lingkungan memiliki pengaruh positif meskipun dengan efektivitas kecil. Wawancara mendalam mengungkapkan bahwa tindakan berpindah lajur mendadak sering kali dipicu oleh faktor situasional seperti kendaraan lambat di depan, jalan rusak, hingga minimnya rambu petunjuk lajur. Penelitian ini merekomendasikan peningkatan pengawasan marka dan rambu horizontal, penerapan teknologi smart road marking, serta pelatihan berkala kepada pengemudi truk untuk meningkatkan kepatuhan terhadap lajur. Hasil studi ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi pemangku kebijakan dalam merancang intervensi peningkatan keselamatan lalu lintas khususnya di jalan tol.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | perilaku berpindah lajur, pengemudi truk, jalan tol, SEM-PLS, keselamatan lalu lintas |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) Q Science > QP Physiology T Technology > T Technology (General) T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements |
Divisions: | Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan |
Depositing User: | 21011043 21011043 |
Date Deposited: | 11 Aug 2025 07:09 |
Last Modified: | 11 Aug 2025 07:09 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/4025 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |