PENGARUH CELAH KANVAS REM DENGAN TROMOL TERHADAP EFISIENSI PENGEREMAN PADA KENDARAAN

AISYAH, SITI NUR (2022) PENGARUH CELAH KANVAS REM DENGAN TROMOL TERHADAP EFISIENSI PENGEREMAN PADA KENDARAAN. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
19030625-KKW-ABSTRAK.pdf

Download (241kB)
[img] Text (BAB 1)
19030625-KKW-BAB_1.pdf

Download (92kB)
[img] Text (VAB 2)
19030625-KKW-BAB_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB)
[img] Text (BAB 3)
19030625-KKW-BAB_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB)
[img] Text (BAB 4)
19030625-KKW-BAB_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB)
[img] Text (BAB 5)
19030625-KKW-BAB_5.pdf

Download (80kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
19030625-KKW-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Celah kanvas rem perlu dilakukannya uji berkala secara rutin guna mengurangi tingkat kecelakaan di Indonesia yang disebabkan oleh celah kanvas rem di luar standar. Sehingga dapat mengurangi terjadinya kecelakaan yang diakibatkan oleh celah kanvas rem. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui hasil uji variasi penyetelan celah kanvas rem pada kendaraan dengan merk yang berbeda dan standar celah kanvas rem yang berbeda terhadap efisiensi pengereman. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian eksperimen. Dengan variasi celah kanvas rem sesuai standar yaitu 0,3 mm untuk merk Hino lalu 0,5 mm untuk kendaraan Isuzu dan variasi lainnya 0,1 mm, 1 mm dan 1,5 mm. Untuk pembuktian hipotesa peneliti menggunakan analisis regresi linier sederhana dalam aplikasi spss. Dari penelitian ini diperoleh hasil bahwa hasil yang efisien seusai dengan standar celah kanvas dari ketentuan yang telah ditentukan dari 3 kali percobaan . Untuk merk Hino yaitu 0,3 mm dan memiliki nilai efisiensi rem sebesar 75,3% lalu celah kanvas rem merk isuzu 0,5 mm memiliki nilai efisiensi rem sebesar 53%. Berdasarkan hasil uji t pada penelitian kendaraan Hino ini didapatkan t hitung 5,926 > dari t table 3,182, sehingga dapat disimpulkan bahwa H diterima yang berarti variabel X (celah kanvas rem) berpengaruh signifikan terhadap variabel Y (efisiensi rem). Sedangkan hasil uji berdasarkan hasil uji t pada penelitian kendaraan isuzu didapatkan t hitung 6,054 > t table 3,182, sehingga dapat disimpulkan bahwa H diterima yang berarti variabel X (celah kanvas rem) berpengaruh signifikan terhadap variabel Y (efisiensi rem) untuk 2 jenis kendaraan tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Celah Kanvas rem, efiesiensi pengereman, analisis regresi
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Teknologi Otomotif > Teknologi Otomotif
Depositing User: 19.03.0625 19.03.0625
Date Deposited: 16 Aug 2022 01:33
Last Modified: 16 Aug 2022 01:33
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/401

Actions (login required)

View Item View Item