PANGESTU, MUHAMMAD RIZKI HARYO (2025) PENGEMBANGAN MONITORING KINERJA EXHAUST BRAKE PADA KENDARAAN BERBASIS RASPBERRY PI. Diploma thesis, POLITEKNEIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.
|
Text (ABSTRAK)
22033098-KKW-ABSTRAK.pdf Download (688kB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1)
22033098-KKW-BAB 1.pdf Download (64kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB 2)
22033098-KKW-BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (352kB) |
|
![]() |
Text (BAB 3)
22033098-KKW-BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (386kB) |
|
![]() |
Text (BAB 4)
22033098-KKW- BAB 4 .pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (BAB 5)
22033098-KKW-BAB 5.pdf Download (82kB) | Preview |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
22033098-KKW- LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (286kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan alat bantu untuk memonitor kinerja exhaust brake pada kendaraan angkutan barang bermuatan dengan memanfaatkan Raspberry Pi sebagai pusat pengendali. Exhaust brake merupakan sistem rem tambahan yang penting guna mencegah kegagalan rem utama, terutama saat kendaraan melaju di jalan menurun. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingginya angka kecelakaan lalu lintas yang disebabkan oleh sistem pengereman yang tidak optimal, termasuk exhaust brake yang tidak berfungsi dengan baik. Alat yang dirancang menggunakan sensor suara (microphone USB) untuk mendeteksi tingkat kebisingan saat exhaust brake aktif, dengan hasil ditampilkan secara real time melalui perangkat mobile. Penelitian ini menerapkan pendekatan Research and Development (R&D) menggunakan model ADDIE, yang meliputi tahapan analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasil pengujian menunjukkan bahwa alat ini memiliki tingkat akurasi pengukuran kebisingan hingga 99,495% dibandingkan dengan sound level meter standar, serta mampu mengukur perlambatan kendaraan sebagai indikator efektivitas exhaust brake. Berdasarkan pengujian pada dua jenis sistem rem, yaitu air over hydraulic dan full hydraulic, diperoleh nilai perlambatan rata-rata antara 5,16 m/s² hingga 8,82 m/s², yang mengindikasikan efisiensi pengereman meningkat seiring bertambahnya kecepatan kendaraan. Alat ini memungkinkan pengemudi memantau secara langsung performa exhaust brake melalui data kebisingan dan perlambatan kendaraan. Selain sebagai alat bantu monitoring, sistem ini juga bermanfaat sebagai media edukasi dan validasi teknis dalam mendukung pengujian kendaraan bermotor.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Exhaust brake, Raspberry Pi, Monitoring, Kebisingan, Perlambatan Kendaraan, ADDIE |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) T Technology > TS Manufactures |
Divisions: | Teknologi Otomotif > Teknologi Otomotif |
Depositing User: | 22033098 22033098 |
Date Deposited: | 07 Aug 2025 07:07 |
Last Modified: | 07 Aug 2025 07:07 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/3994 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |