SIBUEA, FELIX AMOS MARIO ADAM (2025) RANCANG BANGUN ALAT PENGUKUR JARAK PANCAR LAMPU UTAMA MOBIL DENGAN METODE GRADIEN BERBASIS ARDUINO UNO. Other thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.
|
Text (ABSTRAK)
22031010_KKW_ABSTRAK .pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1)
22031010_KKW_BAB 1.pdf Download (309kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB 2)
22031010_KKW_BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (558kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB 3)
22031010_KKW_BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (633kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB 4)
22031010_KKW_BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 5)
22031010_KKW_BAB 5.pdf Download (243kB) | Preview |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
22031010_KKW_LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Lampu utama kendaraan memiliki peranan penting dalam menjamin keselamatan pengemudi, terutama saat malam hari dan kondisi cuaca buruk. Namun, metode pengukuran jarak pancar lampu utama yang masih dilakukan secara manual memiliki keterbatasan dari segi kecepatan dan akurasi. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun alat pengukur jarak pancar lampu utama mobil dengan metode gradien berbasis mikrokontroler Arduino Uno untuk menghasilkan pengukuran yang lebih cepat, akurat, dan efisien. Metode penelitian dilakukan dengan pendekatan pengembangan ADDIE yang meliputi tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Alat dirancang menggunakan sensor BH1750 untuk mengukur intensitas cahaya dan sensor inframerah untuk mendeteksi jarak vertikal pancaran lampu terhadap permukaan jalan. Proses pengujian dilakukan pada tiga kendaraan, yaitu Toyota Kijang Innova, Toyota Altis, dan Honda Brio, dengan variasi intensitas cahaya lingkungan. Data hasil pengukuran alat dibandingkan dengan metode manual untuk mengetahui tingkat akurasi. Hasil pengujian menunjukkan bahwa alat yang dirancang memiliki akurasi tinggi dengan tingkat error maksimum di bawah 10% dibandingkan metode manual. Alat juga mampu mempercepat waktu pengukuran dan memberikan hasil yang konsisten dalam berbagai kondisi pencahayaan lingkungan. Dengan demikian, alat ini diharapkan dapat mendukung peningkatan mutu pengujian kendaraan bermotor pada aspek pencahayaan, khususnya dalam pengukuran jarak pancar lampu utama, serta menjadi acuan pengembangan lebih lanjut agar dapat diaplikasikan secara luas di unit pengujian kendaraan bermotor.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | jarak pancar, lampu utama, Arduino Uno, sensor BH1750, metode gradien, alat uji kendaraan. |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Teknologi Otomotif > Teknologi Otomotif |
Depositing User: | 22031010 22031010 |
Date Deposited: | 06 Aug 2025 04:29 |
Last Modified: | 06 Aug 2025 04:29 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/3944 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |