ABDURRAZZAQ, ILHAM (2025) KAJIAN PENILAIAN KUALITAS JALUR PEJALAN KAKI DENGAN METODE INDEKS KELAYAKAN BERJALAN (STUDI KASUS: JALAN K.H MAS MANSYUR, JAKARTA PUSAT). Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.
|
Text (ABSTRAK)
21011011_SKRIPSI_ABSTRAK.pdf Download (951kB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1)
21011011_SKRIPSI_BAB 1.pdf Download (140kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB 2)
21011011_SKRIPSI_BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (764kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB 3)
21011011_SKRIPSI_BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (846kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB 4)
21011011_SKRIPSI_BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 5)
21011011_SKRIPSI_BAB 5.pdf Download (117kB) | Preview |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
SKRIPSI_21011011_LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Jalan K.H Mas Mansyur merupakan jalan perkotaan di DKI Jakarta yang banyak dilalui pejalan kaki, baik itu untuk menuju kantor ataupun pusat perbelanjaan. Tingginya aktivitas pejalan kaki tersebut belum diimbangi dengan penyediaan fasilitas pejalan kaki yang mana berkontribusi terhadap 23% kecelakaan yang melibatkan pejalan kaki. Permasalahan tersebut menguatkan bahwa Jalan K.H Mas Mansyur dirasa belum ramah bagi masyarakat yang memilih berjalan kaki sebagai mobilitas utama. Perlu adanya penilaian kualitas jalur pejalan kaki di kawasan Perkotaan yang memperhatikan keamanan, kenyamanan dan aksesibilitas sehingga tercipta lingkungan yang ramah bagi pejalan kaki. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan rekomendasi kebutuhan fasilitas pejalan kaki berdasarkan pendekatan teknik triangulasi yang diperoleh dari analisis walkability melalui penilaian observasi lapangan mengacu pada Pedoman PUPR Tahun 2023 Tentang Penentuan Indeks Kelayakan Berjalan di Kawasan Perkotaan dan persepsi pejalan kaki dengan melakukan penyebaran kuesioner dan wawancara mengenai tingkat kepuasan dan kepentingan penyediaan fasilitas pejalan kaki menggunakan metode Customer Satisfaction Index (CSI) dan Importance Performance Analysis (IPA). Hasil penelitian menunjukan nilai indeks kelayakan berjalan Jalan K.H Mas Mansyur sebesar 48,09 yang termasuk kategori "Kurang memadai". Sedangkan, hasil persepsi pejalan kaki digambarkan melalui perolehan nilai CSI sebesar 26,20 menandakan pejalan kaki merasa "Tidak Puas" terhadap kondisi eksisting penyediaan fasilitas pejalan kaki dengan 5 atribut yang perlu dilakukan prioritas penanganan berdasarkan diagram kartesius kuadran I IPA. Dari hasil analisis diperoleh usulan rekomendasi fasilitas pejalan kaki yaitu revitalisasi material jalur pejalan kaki, penerapan complete street untuk menunjang fasilitas pendukung pejalan kaki, pemasangan ramp dan guiding block sebagai pemandu lajur bagi pejalan kaki berkebutuhan khusus, meminimalisir penghalang baik bersifat sementara maupun permanen yang menutupi lebar efektif jalur pejalan kaki, dan pemasangan bollard pada akses keluar masuk kendaraan. Temuan ini menegaskan pentingnya perencanaan fasilitas pejalan kaki sesuai kebutuhan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Fasilitas Pejalan Kaki, Indeks Kelayakan Berjalan, Metode IPA |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements |
Divisions: | Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan |
Depositing User: | 21011011 21011011 |
Date Deposited: | 06 Aug 2025 03:12 |
Last Modified: | 06 Aug 2025 03:12 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/3937 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |