EVALUASI KINERJA OPERASIONAL BISKITA TRANS PAKUAN

LESTARI, HIDAYAH LINTANG PUJA (2025) EVALUASI KINERJA OPERASIONAL BISKITA TRANS PAKUAN. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
21011010-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
21011010-SKRIPSI-BAB 1.pdf

Download (131kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
21011010-SKRIPSI-BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (588kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
21011010-SKRIPSI-BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (536kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
21011010-SKRIPSI-BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB 5)
21011010-SKRIPSI-BAB 5.pdf

Download (222kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
21011010-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pertumbuhan penduduk yang pesat di Kota Bogor meningkatkan kebutuhan akan sistem transportasi umum yang andal dan efisien. Biskita Trans Pakuan, sebagai moda angkutan umum berbasis Bus Rapid Transit (BRT), beroperasi pada dua koridor utama, yaitu Koridor 1 (Bubulak-Cidangiang) dan Koridor 2 (Bubulak-Ciawi). Namun, observasi lapangan menunjukkan beberapa masalah operasional, seperti waktu tunggu yang panjang dan kepadatan penumpang pada jam sibuk. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja operasional, tingkat kepuasan penumpang menggunakan metode Customer Satisfaction Index (CSI), serta biaya operasional kendaraan. Data dikumpulkan melalui survei dinamis, statis, dan kuesioner yang melibatkan 200 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beberapa parameter kinerja seperti waktu tunggu, frekuensi, dan kecepatan perjalanan telah memenuhi standar, sementara load factor dan headway masih di bawah standar SK Dirjen No. 687/AJ.206/DRJD/2002. Analisis CSI menunjukkan tingkat kepuasan penumpang sebesar 87,19% untuk Koridor 1 dan 87,02% untuk Koridor 2, yang termasuk dalam kategori "sangat puas". Selaian itu, hasil analisis biaya operasional kendaraan (BOK) untuk Koridor 1 sebesar Rp12.304 per penumpang/km dan Koridor 2 sebesar Rp12.496 per penumpang/km. Hasil ini menunjukkan perlunya perbaikan dalam manajemen operasional dan kualitas layanan untuk meningkatkan efisiensi dan kenyamanan pengguna.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Transportasi umum, kinerja operasional, Biskita Trans Pakuan, CSI, biaya operasional kendaraan.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan
Depositing User: 21011010 21011010
Date Deposited: 06 Aug 2025 02:09
Last Modified: 06 Aug 2025 02:09
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/3933

Actions (login required)

View Item View Item