KAJIAN PERHITUNGAN TARIF SUBSIDI BERDASARKAN BIAYA OPERASIONAL KENDARAAN (BOK) DAN MUAT PENUMPANG DI BATIK SOLO TRANS SURAKARTA

NAUFAL MQ, RAFKO FALAH (2025) KAJIAN PERHITUNGAN TARIF SUBSIDI BERDASARKAN BIAYA OPERASIONAL KENDARAAN (BOK) DAN MUAT PENUMPANG DI BATIK SOLO TRANS SURAKARTA. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
21021055_SKRIPSI_ABSTRAK.pdf

Download (960kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
21021055_SKRIPSI_BAB 1.pdf

Download (67kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
21021055_SKRIPSI_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (542kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
21021055_SKRIPSI_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
21021055_SKRIPSI_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB 5)
21021055_SKRIPSI_BAB 5.pdf

Download (94kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
21021055_SKRIPSI_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Batik Solo Trans merupakan bentuk wujud transportasi angkutan umum perkotaan yang disubsidi langsung oleh Pemerintah dengan sistem layanan Buy The Service (BTS). Akan tetapi, penyelenggaraan kontrak kerja sama pada program layanan Buy The Service (BTS) yang telah berjalan 5 tahun telah berakhir, sehingga mengakibatkan adanya pengurangan jumlah dana subsidi pada Batik Solo Trans di Tahun 2025. Untuk memastikan keberlanjutan program layanan Buy The Service (BTS) pada Batik Solo Trans, maka tujuan dari penelitian ini adalah; menganalisis variabel yang berpengaruh terhadap Biaya Operasional Kendaraan (BOK), menganalisis tarif yang sesuai dengan muat penumpang, serta menentukan besaran subsidi yang dibutuhkan. Penelitian dilakukan pada seluruh koridor di tahun 2024 dan di tahun 2025. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif analisis. Pengumpulan data primer diperoleh melalui survey statis di terminal. Sedangkan pengumpulan data sekunder diperoleh langsung dari pihak operator Batik Solo Trans melalui wawancara, observasi, dan studi dokumen. Adapun perhitungan Biaya Operasional Kendaraan (BOK) dilakukan dengan menggunakan dua metode, yaitu metode Dirjenhubdat No: KP.792/AJ.205/DRJD/2021 dan metode Pacific Consultant International (PCI). Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa Biaya Operasional Kendaraan (BOK) yang dikeluarkan tidak terjadi keseimbangan dengan tarif yang berlaku. Pendapatan tarif penumpang yang diperoleh juga tidak dapat menutup Biaya Operasional Kendaraan (BOK) untuk melakukan operasional. Batik Solo Trans tidak dapat mandiri secara finansial untuk melakukan operasional tanpa bergantung pada subsidi dari Pemerintah. Berdasarkan hasil analisis, terdapat mekanisme pembiayaan subsidi untuk keberlanjutan program layanan Buy The Service (BTS) di Batik Solo Trans yaitu; subsidi penuh, subsidi selisih operasional, dan subsidi BBM. Langkah pembiayaan subsidi silang juga dapat dilakukan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah melalui pembagian proporsi pendanaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Batik Solo Trans, Biaya Operasional Kendaraan (BOK), tarif, subsidi, load factor, Buy The Service (BTS)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
T Technology > TF Railroad engineering and operation
Divisions: Teknologi Rekayasa Otomotif > Teknologi Rekayasa Otomotif
Depositing User: 21021055 21021055
Date Deposited: 06 Aug 2025 02:08
Last Modified: 06 Aug 2025 02:08
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/3931

Actions (login required)

View Item View Item