MUFIDDIN, RIFQI YANUAR (2025) ANALISIS PENGENDALIAN RISIKO KECELAKAAN KERJA DI KANTOR PEMASARAN DAMRI CILACAP MENGGUNAKAN METODE FMEA DAN HAZOP. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.
|
Text (ABSTRAK)
21023084_SKRIPSI_ABSTRAK.pdf Download (884kB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1)
21023084_SKRIPSI_BAB 1.pdf Download (84kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB 2)
21023084_SKRIPSI_BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (87kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB 3)
21023084_SKRIPSI_BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (345kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB 4)
21023084_SKRIPSI_BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (984kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 5)
21023084_SKRIPSI_BAB 5.pdf Download (83kB) | Preview |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
21023084_SKRIPSI_LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengendalian risiko kecelakaan kerja di Kantor Pemasaran DAMRI Cilacap menggunakan metode Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) dan Hazard and Operability Study (HAZOP). Latar belakang penelitian adalah tingginya jumlah insiden kerja selama periode 2019–2024, yang menunjukkan kelemahan dalam sistem keselamatan dan kesehatan kerja (K3). Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif analitis dengan metode campuran kuantitatif dan kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara terstruktur, dan dokumentasi, kemudian dianalisis berdasarkan nilai Risk Priority Number (RPN) dari metode FMEA dan dievaluasi dari metode HAZOP sesuai standar ISO 31010:2019. Hasil menunjukkan bahwa aktivitas memarkir bus (RPN 108) dan pengangkatan beban menggunakan crane (RPN 144) merupakan risiko tertinggi di area kantor dan bengkel. Risiko-risiko ini tergolong ekstrem dan membutuhkan pengendalian segera. Evaluasi HAZOP turut mengidentifikasi penyebab penyimpangan operasional yang relevan. Rekomendasi pengendalian meliputi pengadaan alat keselamatan, penyusunan SOP berbasis risiko, pelatihan teknis, serta audit berkala. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam integrasi metode FMEA-HAZOP ke dalam sistem K3 berbasis regulasi nasional dan standar internasional, serta menjadi model manajemen risiko di sektor transportasi umum.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kecelakaan kerja, FMEA, HAZOP, DAMRI, Manajemen risiko |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Teknologi Rekayasa Otomotif > Teknologi Rekayasa Otomotif |
Depositing User: | 21023084 21023084 |
Date Deposited: | 05 Aug 2025 05:01 |
Last Modified: | 05 Aug 2025 05:01 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/3905 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |