ARDIANSAH, DETA PRATAMA (2025) OPTIMASI RUTE LAYANAN ANGKUTAN FEEDER DAMRI (STASIUN KCJB TEGALLUAR-ALUN ALUN BANDUNG). Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.
|
Text (ABSTRAK)
21013068-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf Download (620kB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1)
21013068-SKRIPSI-BAB_1.pdf Download (67kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB 2)
21013068-SKRIPSI-BAB_2.pdf Restricted to Registered users only Download (176kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB 3)
21013068-SKRIPSI-BAB_3.pdf Restricted to Registered users only Download (383kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB 4)
21013068-SKRIPSI-BAB_4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 5)
21013068-SKRIPSI-BAB_5.pdf Download (65kB) | Preview |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
21013068-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Pertumbuhan jumlah penduduk dan tingginya mobilitas di Kota Bandung telah memicu peningkatan kemacetan lalu lintas, terutama disebabkan oleh dominasi kendaraan pribadi. Salah satu alternatif solusi adalah pengembangan transportasi umum terintegrasi, seperti angkutan feeder DAMRI. Namun, layanan feeder dari Stasiun KCJB Tegalluar menuju Alun- Alun Bandung dinilai belum berjalan optimal dari segi waktu tempuh, efisiensi jalur, serta sinkronisasi jadwal dengan Kereta Cepat Jakarta-Bandung sebagai moda utama. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan rute paling efisien, menerapkan metode optimasi rute yang sesuai, serta menganalisis dampaknya terhadap kepuasan pengguna. Pendekatan yang digunakan adalah mix-method dengan analisis deskriptif kuantitatif, pemodelan Four Step Model, pemanfaatan ArcGIS Network Analyst, serta perhitungan Biaya Operasional Kendaraan (BOK) menggunakan metode PCI (Pacific Consultant International). Data primer dikumpulkan melalui survei kuesioner dan observasi lapangan, sedangkan data sekunder bersumber dari PT KCIC dan Perum DAMRI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rute yang dioptimalkan memberikan peningkatan efisiensi signifikan dalam hal waktu tempuh dan konsumsi bahan bakar, serta berdampak positif terhadap kepuasan pengguna. Optimasi mempertimbangkan kecepatan rata-rata jalan, hambatan samping, dan lokasi strategis penumpang. Temuan ini diharapkan dapat menjadi landasan dalam pengembangan layanan angkutan feeder yang lebih efektif dan berkelanjutan. Kata Kunci: Angkutan Feeder, Optimasi rute, ArcGIS, PCI, KCJB, DAMRI.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Angkutan Feeder, Optimasi rute, ArcGIS, PCI, KCJB, DAMRI. |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan |
Depositing User: | 21013068 21013068 |
Date Deposited: | 05 Aug 2025 01:21 |
Last Modified: | 05 Aug 2025 01:21 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/3904 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |