PRAMUDITA, RISKA AYU (2025) ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPATUHAN PEMILIK KBWU TERHADAP UJI BERKALA TEPAT WAKTU. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.
|
Text (ABSTRAK)
22031023-KKW-ABSTRAK.pdf Download (896kB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1)
22031023-KKW-BAB_1.pdf Download (373kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB 2)
22031023-KKW-BAB_2.pdf Restricted to Registered users only Download (512kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB 3)
22031023-KKW-BAB_3.pdf Restricted to Registered users only Download (754kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB 4)
22031023-KKW-BAB_4.pdf Restricted to Registered users only Download (990kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 5)
22031023-KKW-BAB_5.pdf Download (375kB) | Preview |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
22031023-KKW-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Pengujian Berkala adalah pengujian yang dilakukan secara berkala terhadap setiap kendaraan bermotor, kereta gandengan, kereta tempelan yang dioperasikan dijalan. Uji berkala bertujuan untuk memastikan kendaraan tersebut memenuhi persyaraan teknis dan laik jalan. Uji berkala dilakukan setiap 6 bulan sekali. Meskipun telah diatur dalam peraturan perundang-undangan dan diberikan kebijakan terbaru seperti retribusi nol rupiah dan penghapusan denda, tingkat kepatuhan pemilik Kendaraan Bermotor Wajib (KBWU) terhadap pelaksanaan uji berkala tepat waktu masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisi faktor-faktor yang mempengaruhi kepatuhan pemilik KBWU dalam melaksanakan uji berkala tepat waktu. Penelitian ini dilakukan di dua lokasi, yaitu UPUBKB Kabupaten Trenggalek dan UPUBKB Kabupaten Blitar, dengan menggunakan pendekatan kuantitaif melalui penyebaran kuisioner kepada total kendaraan di setiap lokasinya 95 dan 97 kendaraan. variabel yang diteliti yaitu meliputi : kesadaran (X1), pelayanan (X2), retribusi nol rupiah (X3), dan sanksi/denda (X4), dengan kepatuhan sebagai variabel dependent (Y). Analisis data dilakukan dengan uji regresi linier berganda menggunakan perangkat lunak SPSS. Hasil analisis menunjukkan bahwa di UPUBKB Kabupaten Blitar faktor yang berpengaruh signifikan yaitu kesadraan (X1) dengan siginikansi 0,000 dan faktor sanksi/denda(X4) dengan signifikansi 0,016. Sedangkan di UPUBKB Kabupaten Trenggalek faktor yang berpengaruh signifikan yaitu faktor pelayanan dengan nilai signifikansi 0,000. Namun, faktor retribusi nol rupiah tidak bepengaruh di kedua lokasi tersebut dengan nilai signifkansi 0,071 dan 0,468. Dari hasil analisis tersebut diharapkan pengujian dan pihak berwenang melakukan evaluasi dan menyusun strategi agar kepatuhan pemilik KBWU semakin meningkat, yaitu dengan cara melakukan sosialisasi dan kampanye terkait pentingnya uji berkala dan kebijakan retribusi terbaru, memperbaiki kualitas pelayanan, dan meningkatkan pengawasan terhadap pemilik KBWU yang telat melakukan uji berkala kendaraan bermotor.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Uji berkala, kepatuhan, KBWU, kesadaran, retribusi nol rupiah, pelayanan, sanksi/denda. |
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Divisions: | Teknologi Otomotif > Teknologi Otomotif |
Depositing User: | 22031023 22031023 |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 04:04 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 04:04 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/3896 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |