PERBANDINGAN PENGGUNAAN DIESEL PARTIKULAT FILTER TERHADAP TEMPERATUR, EMISI GAS BUANG, DAN PERFORMA MESIN DIESEL (STUDI KASUS MITSUBISHI L300)

AMIN, NASRUL (2025) PERBANDINGAN PENGGUNAAN DIESEL PARTIKULAT FILTER TERHADAP TEMPERATUR, EMISI GAS BUANG, DAN PERFORMA MESIN DIESEL (STUDI KASUS MITSUBISHI L300). Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
21023081-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf

Download (521kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
21023081-SKRIPSI-BAB_1.pdf

Download (63kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
21023081-SKRIPSI-BAB_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB)
[img] Text (BAB 3)
21023081-SKRIPSI-BAB_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB)
[img] Text (BAB 4)
21023081-SKRIPSI-BAB_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB)
[img]
Preview
Text (BAB 5)
21023081-SKRIPSI-BAB_5.pdf

Download (75kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
21023081-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan dua jenis diesel partikulat filter, yaitu DPF honeycomb berbahan glasswool dan DPF dari kendaraan Audi A3 Cab. 2.0 TDI, terhadap temperatur, emisi gas buang, dan performa mesin pada kendaraan Mitsubishi L300 bermesin diesel. Metode yang digunakan adalah eksperimen langsung dengan pengujian suhu oli mesin, air radiator, dan exhaust, serta pengukuran emisi dan performa mesin berupa daya dan torsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan DPF meningkatkan temperatur oli, air radiator, dan exhaust, namun masih dalam batas aman. DPF honeycomb menghasilkan suhu yang sedikit lebih tinggi dibandingkan DPF Audi A3. Pada pengujian emisi, kedua jenis DPF mampu menurunkan opasitas asap, dengan DPF Audi A3 menunjukkan hasil yang lebih efektif. Namun, penggunaan DPF juga menyebabkan penurunan daya dan torsi mesin. DPF honeycomb menurunkan performa mesin dalam batas yang lebih ringan dibandingkan DPF Audi A3, yang mengalami penurunan daya dan torsi lebih besar. Dari keseluruhan hasil, dapat disimpulkan bahwa DPF honeycomb glasswool lebih optimal dalam menjaga keseimbangan antara penurunan emisi dan performa mesin. Penelitian ini dapat menjadi dasar pengembangan desain DPF yang lebih efisien dan sesuai dengan kebutuhan kendaraan niaga.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Diesel Partikulat Filter, temperatur, emisi gas buang, performa mesin, Mitsubishi L300
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Teknologi Rekayasa Otomotif > Teknologi Rekayasa Otomotif
Depositing User: 21023081 21023081
Date Deposited: 01 Aug 2025 00:15
Last Modified: 01 Aug 2025 00:15
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/3865

Actions (login required)

View Item View Item