AULIA, AHMAD AMIRUL (2025) ANALISIS PENGARUH TEKNIK PENGEREMAN DAN GEOMETRI JALAN MENURUN TERHADAP ENERGI PENGEREMAN DAN KECEPATAN KENDARAAN. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.
|
Text (ABSTRAK)
21021001-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1)
21021001-SKRIPSI-BAB_1.pdf Download (310kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB 2)
21021001-SKRIPSI-BAB_2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB 3)
21021001-SKRIPSI-BAB_3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB 4)
21021001-SKRIPSI-BAB_4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 5)
21021001-SKRIPSI-BAB_5.pdf Download (468kB) | Preview |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
21021001-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan pemodelan matematis dan simulasi sistem pengereman sepeda motor pada kondisi jalan menurun menggunakan MATLAB Simulink. Pemodelan dilakukan dengan mengintegrasikan persamaan dinamika kendaraan meliputi gaya berat, hambatan gulir, hambatan udara, serta distribusi gaya pengereman berdasarkan Dynamic Load Transfer. Hasil simulasi digunakan untuk menganalisis proses serapan energi kinetik oleh kampas rem yang dikonversi menjadi panas hingga mencapai batas fading. Berdasarkan hasil simulasi, semakin besar sudut kemiringan jalan dan massa kendaraan, semakin besar pula beban pengereman yang dipindahkan ke sumbu depan akibat perpindahan beban dinamis, sehingga mempercepat laju penyerapan panas kampas rem. Selain itu, penelitian ini merumuskan rekomendasi kecepatan awal dan kecepatan harapan yang aman untuk berbagai sudut kemiringan dan massa kendaraan, dengan membandingkan jarak tempuh hingga fading terhadap Panjang Kelandaian Kritis Maksimum sesuai standar geometrik jalan Bina Marga. Hasil penelitian ini diharapkan menjadi rujukan teoretis dalam perancangan strategi pengereman yang aman di jalan menurun dan dapat dikembangkan lebih lanjut melalui validasi eksperimental.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Q Science > Q Science (General) Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software Q Science > QC Physics T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Teknologi Rekayasa Otomotif > Teknologi Rekayasa Otomotif |
Depositing User: | 21021001 21021001 |
Date Deposited: | 31 Jul 2025 02:27 |
Last Modified: | 31 Jul 2025 02:27 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/3842 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |