AGUSTIN, RISMA ZELIN HARDYANA CAHYA (2025) RANCANG BANGUN SISTEM KEAMANAN SEPEDA MOTOR DENGAN E-SIM BERBASIS IoT. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.
|
Text (ABSTRAK)
21021029-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf Download (356kB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1)
21021029-SKRIPSI-BAB_1.pdf Download (111kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB 2)
21021029-SKRIPSI-BAB_2.pdf Restricted to Registered users only Download (427kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB 3)
21021029-SKRIPSI-BAB_3.pdf Restricted to Registered users only Download (467kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB 4)
21021029-SKRIPSI-BAB_4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 5)
21021029-SKRIPSI-BAB_5.pdf Download (117kB) | Preview |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
21021029-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun sistem keamanan sepeda motor berbasis E-SIM yang terintegrasi dengan teknologi Internet of Things (IoT). Latar belakang dari penelitian ini adalah tingginya angka pencurian sepeda motor dan kecelakaan lalu lintas yang melibatkan pengendara di bawah umur tanpa Surat Izin Mengemudi (SIM). Sistem yang dirancang menggunakan mikrokontroler Raspberry Zero 2w, sensor RFID, dan modul GPS Neo 8M. Autentikasi dilakukan melalui kartu E-SIM yang telah terdaftar, dan sistem mengirimkan notifikasi posisi kendaraan secara real time melalui Telegram. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan enam tahapan : identifikasi masalah, pengumpulan data, perancangan, revisi desain, perakitan alat, dan pengujian. Cara kerja sistem ini dimulai dari pengguna melakukan tap kartu E-SIM untuk verifikasi identitas. Verifikasi dilakukan melalui notifikasi telegram, dan jika valid, mesin akan menyala. Sistem ini juga dilengkapi dengan modul GPS Neo 8M untuk melacak posisi kendaraan hingga mesin dimatikan. Hasil pengujian menunjukkan bahwa RFID mampu mendeteksi kartu hingga jarak 4 cm dengan letak optimal di sisi atas dan bawah, sistem mampu merespon rata-rata dalam waktu 3,32 detik, serta memiliki akurasi pelacakan GPS dengan selisih rata-rata 0,6 meter dibandingkan Google Maps. Sistem hanya menyalakan kendaraan jika kartu valid, dan akan mengirim notifikasi serta memutus aliran pengapian jika kartu tidak dikenali. Kesimpulannya, sistem ini terbukti efektif dalam meningkatkan keamanan sepeda motor dan mencegah akses oleh pihak yang tidak berwenang, khususnya pengendara di bawah umur. Saran pengembangan ke depan adalah dengan menambahkan antarmuka aplikasi mobile yang lebih ramah pengguna serta meningkatkan akurasi dan kestabilan komunikas GPS agar sistem dapat lebih optimal digunakan dalam berbagai kondisi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-SIM, IoT, Keamanan Sepeda Motor, Raspberry Zero 2W, RFID, GPS Ublox Neo 8m |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Teknologi Rekayasa Otomotif > Teknologi Rekayasa Otomotif |
Depositing User: | 21021029 21021029 |
Date Deposited: | 24 Jul 2025 03:16 |
Last Modified: | 24 Jul 2025 03:16 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/3782 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |