MAULANA, RIEZA (2025) PENGARUH PENGGUNAAN AIR CONDITIONER (AC) TERHADAP KONSUMSI BAHAN BAKAR DAN EMISI GAS BUANG KENDARAAN. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.
|
Text (ABSTRAK)
22031022-KKW-ABSTRAK.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1)
22031022-KKW-BAB 1.pdf Download (359kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB 2)
22031022-KKW-BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (832kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB 3)
22031022-KKW-BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB 4)
22031022-KKW-BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (936kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 5)
22031022-KKW-BAB 5.pdf Download (364kB) | Preview |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
22031022-KKW-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (845kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini mengkaji pengaruh penggunaan Air Conditioner (AC) terhadap konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang kendaraan bermotor. Meskipun AC meningkatkan kenyamanan berkendara, penggunaannya dapat memengaruhi kinerja kendaraan dan emisi gas buang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak penggunaan AC pada konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang (CO dan HC) pada kendaraan. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen, yang dilaksanakan di Unit Pelaksana Teknis Daerah Pengujian Kendaraan Bermotor (UPTD PKB) Kabupaten Sleman, Yogyakarta, dari Maret hingga Mei 2025. Kendaraan yang diuji adalah Toyota Avanza tipe E 1.3 Tahun 2019 dan Daihatsu Grand Max Pick Up 1.5 VVT-I 2021, menggunakan bahan bakar Pertalite dalam kondisi cuaca yang sama. Data diolah menggunakan SPSS, diawali dengan uji normalitas dan homogenitas, kemudian dilanjutkan dengan uji paired sample t-test atau uji Wilcoxon Signed Rank Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan AC memiliki pengaruh signifikan terhadap peningkatan konsumsi bahan bakar kendaraan. Selain itu, penggunaan AC juga secara signifikan memengaruhi emisi gas buang karbon monoksida (CO) dan hidrokarbon (HC), dengan kadar emisi yang lebih tinggi saat AC dinyalakan. Penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman mengenai dampak penggunaan AC terhadap konsumsi bahan bakar dan emisi kendaraan, serta memberikan rekomendasi untuk pengembangan teknologi otomotif yang lebih berkelanjutan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Air Conditioner, Konsumsi Bahan Bakar, Emisi Gas Buang, CO dan HC |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education T Technology > T Technology (General) T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics |
Divisions: | Teknologi Otomotif > Teknologi Otomotif |
Depositing User: | 22031022 22031022 |
Date Deposited: | 23 Jul 2025 01:45 |
Last Modified: | 23 Jul 2025 01:45 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/3774 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |